Saturday, September 05, 2009

Mencantumkan Sumber Bacaan di dalam Tulisan

Di dalam membuat sebuah tulisan ada baiknya (atau sebuah keharusan??) kita mencantumkan sumber bacaan di dalam setiap tulisan tersebut bila itu bukan berasal dari hasil karya, ide atau pendapat pribadi kita. Hal ini untuk memberikan keyakinan kepada para pembaca bahwa apa yang ditulis itu adalah benar adanya. Selain itu pencantuman sumber bacaan juga mencerminkan satu bentuk tanggung jawab kita terhadap isi tulisan. Jika tulisan tersebut berisi tentang fakta-fakta, maka pencantuman sumber bacaan menghindari kita dari dugaan omong kosong belaka.

Terkadang ketika seseorang membaca tulisan tentang sebuah fakta atau tips ataupun kejadian tertentu, mungkin seseorang tersebut akan bertanya di dalam hati: ” ini benar apa tidak ya?, atau informasi ini dapat dipercaya tidak ya?”, kalau benar si penulis ini mengambil data-data ini dari mana?, apakah dari pengalaman pribadi atau dari cerita orang atau dari mana?. Banyak memang yang sudah mencantumkan bahwa itu adalah pengalaman pribadi atau berasal dari tulisan seseorang, namun tidak sedikit juga yang sama sekali belum menuliskan sumber bacaannya. Nah jika seperti ini, pasti orang yang sedang membaca itu akan sedikit meragukan kebenaran data dan fakta yang ditulis di dalam tulisan tersebut. Tentu saja dia tidak berniat untuk berburuk sangka atau sama sekali tidak percaya terhadap apa-apa yang telah ditulis, tetapi hanya sebuah bentuk keingintahuan dan memberikan keyakinan pada diri sendiri bahwa informasi yang tengah dibaca itu adalah benar adanya.

Sebenarnya sekilas sebuah tulisan bisa kita bedakan secara jelas mana yang merupakan pandangan pribadi seseorang dan mana yang merupakan teori atau mana yang merupakan hasil dari penelitian dan observasi. Nah yang menjadi masalah adalah ketika tulisan itu berisi tentang sebuah fakta atau penelitian, namun di dalam tulisan tersebut sama sekali tidak dicantumkan asal usul informasi atau pendapat yang ditulisnya.

Dalam dunia kerja saya di bidang audit, ada satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang auditor yang disebut dengan istilah professional skepticism, yaitu suatu sikap profesional yang mengharuskan auditor untuk tidak boleh percaya begitu saja (skeptis) terhadap suatu hal baik itu berupa pernyataan, tulisan dan yang lainnya tanpa ada bukti/dokumen yang menyertainya. Jadi ketika si klien mengatakan A, maka auditor tidak boleh percaya begitu saja sebelum ada bukti yang mendukung terhadap pernyataan tersebut. Kalau bahasa gaulnya mungkin seperti ini: ”ah masa iya sih seperti itu, apa buktinya?” :).

Nah di dalam dunia tulis menulis pun saya fikir hal ini juga berlaku meskipun profesi kita bukan sebagai penulis. Menurut saya ini juga bagian dari etika dalam menulis. Penulisan sumber bacaan adalah salah satu bentuk pemberian bukti tahap awal atas apa yang kita tulis, bahwa apa yang telah kita tulis tersebut adalah betul adanya. Dan yang paling penting adalah tulisan tersebut bukan merupakan penjiplakan ide atau gagasan orang lain. Semoga dengan pencantuman sumber bacaan di dalam setiap tulisan akan mendidik kita untuk menghargai karya-karya yang telah dihasilkan oleh orang lain.

Maaf jika ada yang tidak sependapat dan kurang berkenan.


Sumber: Pandangan Pribadi.

26 comments:

  1. setuoojjuuu Rita..!!! kita harus bisa menghargai hasil karya orang lain. hmm, sayang sekali curcolnya bundo ga ada yang berminat nyontek hihihi

    ReplyDelete
  2. setuju mbak rita, memang benar kita harus selalu menghargai hasil karya orang lain, sukses selalu buat mbak rita

    ReplyDelete
  3. @ NakjaDimande
    Wah Bundo, padahal aku tadinya mau nyotek tuh hihihi...Tapi nyonteknya minta izin Bundo dulu tentunya:)

    @heru
    Iya betul mas Heru, sukses juga buat mas Heru..

    ReplyDelete
  4. Saya menyebutnya ini etika kutipan. Bisa disebutkan langsung sumbernya atau dengan link (thanks to digital world).

    ReplyDelete
  5. kunjungan perdana, salam kenal:) artikelnya informatif sekali...thnxs yaa :)

    salam
    hill

    ReplyDelete
  6. Setuju sekali tuh Mbak,
    hal tsb mencerminkan kita menghargai hasil karya dan buah pikiran seseorang.
    Salam.

    ReplyDelete
  7. @wel~
    iya, bisa juga disebut etika kutipan, apapun itu yang penting intinya ada sumbernya.

    @hill
    salam kenal juga, thanks ya:)

    @bundadontworry
    iya sepakat Bunda, salam.

    ReplyDelete
  8. kalau itu copas kita WAJIB nyantumin.
    kalau tulisan sendiri tapi ngambil referensi dari tulisan lain, sebaiknya kita nyantumin.
    Tetapi terkadang karena kita ngambil referensinya tidak hanya dari satu dua artikel saja nantinya referrensinya jadi panjang.

    ReplyDelete
  9. @alamendah
    He he he..yah pintar2 kita lah mas bagaimana cara mencantumkan referensi nya, yg penting kan supaya kita tidak dianggap mengaku-ngaku tulisan orang...That's all.

    ReplyDelete
  10. etikanya mmg begitu Rit...
    wong nggak repot kan mencantumkan sumbernya. klo nulis di blog, untuk nama saja saya selalu tautkan kepada yg punya nama itu.

    ReplyDelete
  11. setuju aja.semua harus memili asal dan jika itu suatu hal yang pentig bagi orang lain kita tidak aka mengecewakan mereka yang membacanya.

    ReplyDelete
  12. benar tapi bila kebijakan pribadi dari sumber itu boleh di copas , dibolehkan.ada di berbagai situs ada privacy policy meyatakan boleh di copas karena pada dasarnya informasi adalah milik publik.

    Bila seorang auditor harus mempunyai sikap professional skepticism ada istilah kami professional Acquistism

    koment tadi sebelum subuh , rupanya tdk tampil padahal sudah koment panjang

    ReplyDelete
  13. @guskar
    sip sepakat pak!

    @wasyoko
    betul sekali mas. Dan terima kasih sudah berkunjung

    @kawanlama95
    Yup sepakat kalau memang seperti itu.
    professional acquistism, sepertinya nyaris bertolakbelakang artinya dengan professional skepticism ya? (betul atau tidak?). btw itu istilah di bidang apa kak?

    Yaaa, berarti komen kakak tadi sebelum subuh nyasar tuh:)

    ReplyDelete
  14. sore sahabat
    wah blue bikin post mengkaitkan nama serta salah satu postinganmu nichu tak marah kan meski belum minta izin e u heheh.
    salam hangat sellau
    makasih yah atas keramahtamahannya bersama blue

    ReplyDelete
  15. @bluethunderheart
    waaah senangnye ada judul tulisanku di sana:)
    Ya ndak lah mas, mosok iya harus marah:)

    @Puspita
    selamat berbuka puasa juga mba:)

    ReplyDelete
  16. Yup setuju, jangan jadi plagiat karena karya tulis seseorang harus kita hargai mbak. Apalagi kalau cuma copas, sebaiknya sumbernya harus dicantumkan.

    Tapi kalau cuman pengetahuan atau pengalaman pribadi, tentunya tidak perlu dicantumkan sumbernya.

    ReplyDelete
  17. Se7 banget sama pendapat Ita tuh!!
    Narasumber/rujukan sebaiknya disebut..

    btw...saya sdh mencantumkan lho...dlm setiap postingan yg senada... ;)

    (babuka dimano beko..?)

    ReplyDelete
  18. gimana jeung shaumnya
    jangan bolong kecuali.hehehe tahu kan
    salam hangat selalu

    pa cabar?

    ReplyDelete
  19. salam kenal jg rita, main masak2an juga ok kok.. ^_^ oya, saat sy baca komennya, katanya mau tukeran link, tp sy cari2 kok link cantigi ga ada ya? kayaknya mata sy ngaco kali ya, hehehee.. gpp deh, link rita udh ada di cantigi blogroll, masih mau tukerankah?

    ReplyDelete
  20. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    ReplyDelete
  21. When UGG Classic Tall moment in pandora jewelry time buy Pandora pertains find discount pandora expensive jewelry regarding pandora 2010 Mother you'll notice pandora sale engagement rings is among the actual
    Pandora Bangles ideal presents you can actually produce your mother. You Beads Bangles can find explanation Pandora Bangles Sale why folks should display his or her's mother's UGG Classic Tall bracelets with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely Pandora bracelet difficult times Beads bracelets to be able to opt for the surprise for buy pandora bracelets the purpose of mommy, bracelets is usually something you mom will pandora bracelets and charms forever want in addition to clothing. The many you will discover six handy pandora bracelets sale techniques for purchasing discount pandora bracelets the best Single parent's expensive jewelry.

    ReplyDelete
  22. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin