Sunday, August 30, 2009

Always Remember to Say : ”INSYAALLAH”...

InsyaALLAH memiliki arti ”jika Allah menghendaki”, kita mengucapkan kata itu ketika kita berencana akan melakukan sesuatu. Jadi sesuatu itu masih dalam proses rencana, artinya kita sama sekali tidak tahu apakah rencana itu akan benar-benar terlaksana ataukah pada akhirnya hanya akan menjadi sebuah bangkai rencana belaka. Karena manusia hanya bisa berencana, tetapi Allah jua lah yang menjadi penentu terlaksana atau tidaknya hal tersebut. Di sini saya ingin berbagi pengalaman saya terkait dengan sebuah kata ”INSYAALLAH”.

Saya selalu berusaha di dalam setiap langkah untuk senantiasa ingat akan satu kata itu, meski ternyata penyakit lupa atau entah kenapa terkadang saya lalai mengucapkan kata itu. Pernah terucap kata janji tanpa diiringi dengan INSYAALLAH, terlontar niat tanpa diselipkan di dalamnya INSYAALLAH, tergores mimpi tanpa dihiasi dengan INSYAALLAH, dan tertulis rencana tanpa disempurnakan dengan INSYAALLAH. Lalu, apa yang terjadi ketika saya lupa dalam mengucapkan satu kata itu???. Tunggu dulu!, sebelum menjawab pertanyaan itu saya akan berikan dua contoh tentang kekhilafan saya dengan tidak mengucapkan kata INSYAALLAH:

1. Di suatu malam ketika saya sedang pulang ke Serang, dan berniat akan kembali pulang ke Jakarta, ibu saya berkata: Ita, kamu pulang ke Jakarta besok subuh saja, sekarang kan sudah malam, ibu khawatir ada apa-apa di jalan. Lalu saya pun menjawab: Ibu, besok Ita ke kantornya harus pagi-pagi sekali, jadi tidak akan sempat kalau harus berangkat dari sini nya besok subuh. (Coba sahabat amati, kata apa yang kurang pada jawaban saya tersebut??).
2. Di kantor, manager saya mengatakan kepada saya seperti ini: Rita, kamu coba follow up tentang laporan audit dari klien yang akan direvisi yang saat ini belum kita terima, dan tolong besok kamu selesaikan semuanya yah!. Lalu saya pun menjawab: Baik Kang*, saya akan telfon klien dan besok akan saya selesaikan semuanya. (Coba sahabat amati, kata apa yang kurang pada jawaban saya tersebut??).

Pada kedua jawaban dalam cerita di atas, saya benar-benar lupa mengucapkan kata INSYAALLAH, lalu apa yang terjadi pada esok harinya??. Sebuah kenyataan yang benar-benar di luar dugaan saya. Semua niat dan rencana itu menjauh bagaikan debu yang tertiup oleh angin, hilang dan terbang tanpa meninggalkan jejak sedikit pun. Untuk cerita pertama, besoknya saya tidak masuk kantor karena sesuatu hal yang tidak bisa saya tinggalkan. Dan untuk cerita kedua, besoknya saya pun tidak bisa masuk kantor karena saya sakit. Dan hal seperti itu selalu saya alami ketika saya lalai mengucapkan kata INSYAALLAH di setiap untaian kata dan rencana saya. Namun dasar manusia, entah kenapa penyakit lupa itu seperti enggan menjauh dan pergi dari diri ini. Sehingga kisah itu selalu terulang kembali. Astaghfirullah...

Pada awalnya saya tidak begitu sadar akan kisah yang berulang itu, semua hanya lewat dan berlalu bagai suara tukang sate yang menjerit di tengah keramaian siang ketika perut sudah kenyang, dan hanya orang-orang yang lapar lah yang sangat menyadari kehadiran tukang sate itu. Atau bagaikan teriakan tukang es yang terdengar sayup sayup ketika dia berjalan di bawah rintik hujan, dijamin suaranya hanyalah selingan yang akan menambah dramatis nya makna kata mendung sehingga membuat suasana semakin dingin dan beku.

Tetapi Alhamdulillah, semakin lama kisah berulang itu terjadi, semakin saya sadar bahwa kata INSYAALLAH itu merupakan pelengkap bagi tekad yang telah terpatri, penyempurna bagi sebuah janji yang terucap. Dan akhirnya membuat saya benar-benar takut jika saya lupa untuk mengucapkan kata INSYAALLAH. Setelah beberapa pengalaman yang mampu saya rekam dalam benak saya, pada akhirnya saya memberikan makna bagi kata INSYAALLAH tersebut sebagai berikut:

1. merupakan satu bukti kelemahan dan ketidakberdayaan saya sebagai seorang hamba, yang hanya bisa berencana, namun tidak bisa memastikan apakah rencana tersebut bisa terwujud atau tidak;
2. adalah sebuah komitmen, di mana dengan pengucapan kata tersebut maka terikatlah diri ini dengan satu janji yang harus dipenuhi, bukan justru sebuah pembenaran atau excuse untuk membatalkan atau berpaling dari janji tersebut (sahabat pasti tidak asing lagi dengan kata-kata yang pernah diucapkan oleh sebagian besar dari kita: ”lah kan saya sudah bilang InsyaALLAH kemarin, makanya saya tidak datang”);
3. sebuah doa dan harap semoga ALLAH berkenan dan juga menghendaki akan terlaksananya rencana tersebut.

Entah lah apakah pengalaman seperti itu hanya terjadi pada diri saya. Apakah sahabat sekalian memiliki pengalaman yang sama yang berhubungan dengan satu kata itu?, mari berbagilah di sini, semoga setiap rangkaian cerita bisa menggugah kesadaran kita di setiap langkah untuk senantiasa mengingat dan mengucap kata INSYAALLAH, amiin.



Note, *= Di kantor saya, panggilan para junior kepada senior nya yaitu dengan menggunakan: Mba, Mas, Bang, Kang atau Kakak . Panggilan Bapak atau Ibu hanya digunakan untuk memanggil para ”suhu” Perusahaan :)

54 comments:

  1. alhamdullilah mbak rita saya sering mengucapkan kata insyaallah kalau sedang menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan janji.

    ReplyDelete
  2. insya Allah, La merutin kn kata itu d bibir .
    kadang lupa klo janjiin acara* k temen .

    *huahh, kaya yg pny acara banyak az .=P

    ReplyDelete
  3. berjanji adalah utang .... walaupun utang kadang kita tidak bisa membayar utang itu tepat waktu...
    yang penting kita selalu berniat n berusaha untuk melaksanakan janji tersebut dengan segala kekurangan kita sebagai manusia

    ReplyDelete
  4. @heru
    Alhamdulillah kalau itu sudah tertanam dalam keseharian mas Heru.

    @coretaneLa91
    Yup La, mari kita sama2 membiasakan secara sadar untuk selalu mengucapkan kata itu di setiap janji dan rencana kita

    @cow
    Betul, berjanji adalah hutang, karena itu harus kita tunaikan.

    ReplyDelete
  5. kadang kalo kita mengucapkan 'Insyaallah' orang tersebut kurang yakin atas janjinya ma kita... *terkadang bingung*

    sory baru mampir lagi nie rita....

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum, mbak rita aku mau ngasih award. diterima ya,
    maaf sekian dulu ya, lagi terburu-butu.
    terima kasih.

    ReplyDelete
  7. @Yangputri
    Iya mba, itu karena persepsi yang kurang tepat dari sebagian besar kita selama ini atas pengucapan kata InsyaALLAH. Karena itu mari kita mulai luruskan persepsi itu, oke:)

    Iya nda apa2 mba'e, kita kan saling berkunjung kalau emang kita punya waktu, iya toh:)

    ReplyDelete
  8. @sambengan
    Waalaikumsalam Wr Wb
    Wah terima kasih ya awardnya, saya terima dengan senang hati:)

    ReplyDelete
  9. benar sekali mb rita.....
    manusia boleh berencana tapi Allah lah yg menentukan....
    untuk segala niat dan apapun yg ingin kita lakukan asalkan itu baik, Insya ALLAH akan terwujud, AMIN :)

    ReplyDelete
  10. yayayaya.. kebiasaan bagus sayang di kita ini kalau jawab insya Allah.. banyakan enda jadinya

    ReplyDelete
  11. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  12. ada satulagi kalo di kantor2 yaitu tak mengucapkan Assalamualaikum pasti yang disebut Institusi perusahaannya, ada yang bisa di bantu. bukan salam kan dan juga biasanya selamat siang kap teguh junanto ada yang bisa di bantu? iyakan. Walaikummus salam

    ReplyDelete
  13. InsyaAllah dipakai justru sebagai excuse untuk membatalkan janji, seriiinnggg dan sudah dari dulu kala bundo lakukan, betapa Allah marah bahwa namanya dipakai untuk main-main.. mohon ampun ya Rabb

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, akhirnya Ita *lebih jeli dan mendalam tentang kata INSYAALLAH.

    INSYAALLAH itu merupakan pelengkap bagi tekad yang telah terpatri, penyempurna bagi sebuah janji yang terucap... (betu loo kato Ita...)

    Menurut hemat ku : nuansanya bukan saja pelengkap dan penyempurna saja.
    Tetapi *penentu atas izin Allah yang akan kita peroleh atau tidak atas rencana2 kita tsb.
    Kalau Allah *menentukan lain, tentu rencana kita ... batal.
    Yo rak ... makin hebat ajo kau kini mah.. :)

    ReplyDelete
  15. siang jeung
    duh blue sering comand ke sini namun tak masuk masuk kenapa yah?
    u sehat selalu kan?
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  16. @Zico Alviandri
    semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung:)

    @mahardhikadewi
    Amiin, semoga segera terwujud ya mba:)

    @Kangboed
    Iya Kang, tapi mudah2an kita2 yg sudah paham bisa memulai merubah mindset yang seperti itu.
    Salam sayang dan damai selalu, I luv Fullll....:)

    @kawanlama95
    Yup benar sekali tuh kak...Padahal kenapa gak diubah seperti ini: "Asslmlkm, selamat siang, ada yg bisa dibantu?".

    Eh emang ada ya KAP Teguh Junanto?? he he, itu kan nama teman saya kak :)

    @nakjaDimande
    Mudah2an ALLAH mengampuni kekeliruan kita Bundo..

    @abrus
    Yup sepakat Bang, INSYAALLAH juga merupakan penentu atas izin ALLAH atas rencana kita. Amiin, ah Bang abrus nih berlebihan deh.:)

    @bluethunderheart
    siang Mas Blue, alahamdulillah saya sehat. Saya juga ndak ngerti Mas, mungkin nyasar kali ya...Salam hangat juga mas Blue.

    ReplyDelete
  17. Salam Sahabatku....
    Kunjungan perdana, salam kenal aja dulu...
    Maaf, saya memang hanya mantan manusia bejat, tapi sumpah, saya sudah benar-benar insyaf.
    Satu yg membuat saya yakin bahwa saya pasti bisa berubah menjadi orang yg lebih baik, yaitu Kuasa Tuhan. Nothing Impossible, ndak ada yg ndak mungkin.
    Selama kita mau berusaha, pasti jalan untuk itu akan terbuka.
    Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi sedikit kisah hidup saya selama masa transisi itu, kalo sahabatku berkenan, saya tunggu motivasinya buat saya di Mantan Copet Itu Akhirnya Jadi Seorang Pengusaha.

    Trimakasih Sahabatku.
    Salam.

    ReplyDelete
  18. @mantancopet
    Salam kenal juga mas.
    Alhamdulillah kalau mas sudah kembali ke jalan NYA, mudah2an selalu dijaga oleh ALLAH.

    Terima kasih telah berkunjung, insyaALLAH saya akan ke tempat mas.

    ReplyDelete
  19. @Reza Fauzi
    Saya juga sering lupa mas. Mari sama-sama kita berusaha untuk selalu ingat:)

    ReplyDelete
  20. Salam kenal aja deh... insyaAllah, menjadi persahabatan

    ReplyDelete
  21. saya jadi terbiasa menditeksi seseorang berkata insya Allah untuk menghindari suatu perbuatan, dan tak segan2 (terutama untuk staf atau teman sangat akrab) saya bilang : hey... klo menolak terus terang aja..jangan bawa2 nama Allah.
    thanks sharingnya ya Rit..

    ReplyDelete
  22. assalamualaikum rita,
    blog yang menarik penuh dengan pengajaran.
    teruskan menulis.
    di jemput ke askamakalikada.blogspot.com
    dan sudi kiranya menjadi follower dan link kan
    dalam blog rita.
    sekian, take care n bye.

    ReplyDelete
  23. Tetapi terkadang yang bikin saya mangkel, insa Allah digunakan untuk memperhalus kalimat; "tidak bisa"

    ReplyDelete
  24. Insya Allah saya akan sering mampir di blog ini... kira-kira kalo begitu kalimatnya, bagaimana terjemahnya... he...he...he...

    ReplyDelete
  25. pagi
    blue suka postinganmu ii sahabat
    menarik banget
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  26. ah, iya kak rita.. bener banget. jangan sampe deh sekali2 lupa bilang insya Allah lagi *saya banget ni*. Allah yang menjadikan semuanya terjadi atau tidak terjadi *saya sekarang membiasakan diri selalu pake insya Allah untuk apapun yang akan saya kerjakan. dan kalau saya nggak bisa atau nggak mau, saya dengan tegas bilang tidak tanpa menjual kata insya Allah untuk memperhalusnya...*

    ReplyDelete
  27. baru bisa berkunjung nih mbak rita....
    salam kenal yah !!!

    ReplyDelete
  28. iya betul, kita yang berencana tapi ALLAH lah penentu nya. andai rencana kita tak berjalan berarti itu bukan kehendak ALLAH (belum ada ijin hehehe), tapi ya tetep berusaha, berencana dan berusaha gitu ya ^_^

    Iklan Gratis

    ReplyDelete
  29. mampiiiiiiiirrr di malam hari hanya untuk mengucapkan salam saja

    ReplyDelete
  30. Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menykiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA
    SALAM SAYANG

    ReplyDelete
  31. Insyaallah aku akan selalu mampir ke istana mbak rita ini

    ReplyDelete
  32. blue datang menjelang buka puasa
    salam hangat selalu

    pa cabar?

    ReplyDelete
  33. ga ada seeh. cuma spontan nulis. selamat berbuka.
    bukanya dimana .masih dijalan apa di kelapa gading.saya pernah tingal di gank melati

    ReplyDelete
  34. salam kenal mbak....
    terkadang kalo kita mengucapkan insya Allah malah menjadi salah paham dikiranya main2 dan nggak serius....atau juga istilahnya memberikan janji yg tak pasti...padahal makna aslinya malah bisa dua rius...wekekekekek

    ReplyDelete
  35. Insyaallah akan selalu saya ikuti mbak. Saya juga sering lupa.

    ReplyDelete
  36. Mantaps! Betul memang karena kita bukanlah siapa-siapa, kita tidak berdaya atas hidup kita. Hanya Alloh pemilik segala sesuatu dalam hidup ini. Makasih udah mengingatkan. :)

    ReplyDelete
  37. Nabi Sulaiman 'alaihi salam juga pernah lupa tidak mengatakan insya Allah saat memiliki sebuah rencana dan ternyata rencananya berantakan...

    ReplyDelete
  38. bloghicking lagi....
    mungkin ada menu baru dari sobat buat buka puasa saya nanti

    ReplyDelete
  39. sore.
    mampirlah ke blue nanti ada banyak nama nama sahabat sahabat kit..hehhe ada namamu juga lho
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  40. Kata insya Allah aku rasa "wajib" hukumnya diselipkan diantara janji kita.
    Kita hanyalah manusia biasa yang menjalani hidup ini tanpa naskah.Kita tak pernah tahu skrip apa yang harus kita jalani nanti.

    ReplyDelete
  41. Baru pertama kali berkunjung nih. Blog yang cerah, pantas untuk dijadikan inspirator.

    ReplyDelete
  42. insya Allah, setelah hari ini, saya mudah2an ingat untuk selalu ucapkan insya Allah, dan juga ngingetin orang lain untuk menggunakan kalimat insya Allah ketika dia mengucapkan janji..

    ReplyDelete
  43. Eh ta... gw baru search ttg nama teguh junanto, ternyata disini ada yg ngomongin KAP teguh junanto yah??? hahahhahaha...dari mana tuh nama gw bisa nempel wkkwkwkwk

    ReplyDelete
  44. @teguhjunanto
    Hahahahaha...iya tuh Guh kok bisa-bisa nya yah kap teguh junanto nyantol di sini:D...Hmm, siapa tahu itu sebuah petunjuk bahwa sebenarnya misi hidup yg telah disediakan Tuhan untukmu tuh jadi seorang partner dan punya sebuah KAP Guh:), KAP Teguh Junanto!!, who knows:)

    ReplyDelete
  45. @Rita :
    hahaha... ya mungkin itu petunjuk ya Ta.. hehehe
    btw, bukan gi ngetes search engine nama gw Ta, itu tuh gi iseng ngecek blog yg dah lama ga gw otak atik heheh...

    ReplyDelete
  46. Assalamu'alaikum,

    Wah mbak saya juga menulis tentang INSYA ALLAH , 9 Oktober lalu, tapi saya belum baca tulisan ini.Kalau sempat tolong mbak baca ya tulisan saya. Saya khawatir tulisan saya ada kesamaan dengan tulisan ini.
    Terima kasih.
    Salam.

    ReplyDelete
  47. @Abdul Aziz
    Ya kalau ada kesamaan bagus dong pak, artinya semakin banyak orang yang bisa membaca tentang pentingnya kata insyaALLAH kita ucapkan saat berencana. Iya toh:)

    ReplyDelete
  48. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    ReplyDelete
  49. When UGG Classic Tall moment in pandora jewelry time buy Pandora pertains find discount pandora expensive jewelry regarding pandora 2010 Mother you'll notice pandora sale engagement rings is among the actual
    Pandora Bangles ideal presents you can actually produce your mother. You Beads Bangles can find explanation Pandora Bangles Sale why folks should display his or her's mother's UGG Classic Tall bracelets with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely Pandora bracelet difficult times Beads bracelets to be able to opt for the surprise for buy pandora bracelets the purpose of mommy, bracelets is usually something you mom will pandora bracelets and charms forever want in addition to clothing. The many you will discover six handy pandora bracelets sale techniques for purchasing discount pandora bracelets the best Single parent's expensive jewelry.

    ReplyDelete
  50. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin