Monday, September 07, 2009

Cemburu itu...

Pernahkah anda merasa cemburu?, ya pastinya pernah dooong, dan apa itu rasa cemburu?, entahlah saya pun tak begitu bisa memberikan deskripsi secara ilmiah mengenai rasa ini. Namun yang pasti cemburu itu bagian dari rasa diantara beragam rasa yang dimiliki manusia...Dan apakah itu sebuah kebaikan atau keburukan?. Hmm, bisa jadi baik dan bisa juga buruk, pastinya tergantung dari apa yang tengah dicemburui...

Terkadang cemburu deh melihat orang yang sangat rajin beribadah, di lain waktu lagi suka cemburu melihat orang yg begitu semangat dalam bekerja, atau mungkin pernah juga cemburu bila melihat seseorang yg disayang sedang bersama orang lain...

Lalu apa efek dari rasa cemburu??. Kalau di kehidupan nyata cemburu terkadang membuat manusia sampai gelap mata, disebabkan cemburu terkadang kawan bisa menjadi lawan, dan karena rasa cemburu pun terkadang rasa sayang berubah jadi benci...Namun yang paling oke adalah ketika rasa cemburu kepada ALLAH menyebabkan kita semakin getol dalam beribadah.

Kalau dalam konteks hubungan dengan sesama manusia, saya suka bertanya di dalam hati, kenapa harus muncul rasa ini?? Lalu apa yang harus dilakukan bila rasa ini datang?. Haruskah kita bunuh rasa itu, kita biarkan saja begitu adanya atau bagaimana?? Bukankah cemburu itu sangat manusiawi?? Ada lagi yang bilang cemburu itu muncul karena adanya rasa cinta, entahlah...Sedang mencoba memaknai dan menyikapi rasa cemburu secara positif, meski tidak mudah ternyata.


52 comments:

  1. humm.. cemburu itu memang tanda cinta, kak... tapi kalo berlebihan jadinya malah merusak hati dan tingkah laku kan...

    ReplyDelete
  2. Cemburu ma iri hati terkadang susah dibedain...terkadang saya bertanya adakah cemburu yang baik karena kalau iri hati jela konotasi yang jelek...

    itulah penyakit yang ingin saya hilangin...kalau bisa sih dua duanya dengan satu sifat LAPANG DADA

    ReplyDelete
  3. @yoan
    iya Yo, segala sesuatu yg berlebihan sudah tentu tidak baik ujungnya.

    @omiyan
    hmm, iya kalau iri hati konotasinya ke negatif om, tapi kalau cemburu setahu saya ada yang positif dan ada yg negatif, tergantung yg kita cemburui itu apa.

    ReplyDelete
  4. cemburu kepada seseorang itu wajar, karena bisa memotivasi diri kita untuk mengejar ketinggalan

    ReplyDelete
  5. cemburu....

    saya sering mengalaminya...
    hihihihihi

    blakangan sadar klo itu rasanya kekanak-kanakn..

    :D

    ReplyDelete
  6. cemburu itu cinta
    cinta karena menjadikan ibadah lebih baik
    cemburu itu benci
    benci karena takut tak bisa lebih baik

    ReplyDelete
  7. Oooo....pertamaxxx...

    cemburu ... ya asik-asik aja ... :)

    ReplyDelete
  8. Tidak ada larangan untuk cemburu. Salah satu fitrah manusia diberi cemburu. Tetapi, apa pun kalau berlebih tidak bagus. Semua harus ada takaran dan ukurannya, termasuk dalam hal cemburu.

    Tidak semua orang bisa mengelola cemburu di hatinya. Memang sangat sulit menyeimbangkan perasaan di hati dan pikiran. Masing-masing mempunyai tingkat sensitivitas cemburu

    ReplyDelete
  9. Cemburu :Sebuah perasaan dalam hati tentang keraguan dan ketidaksenangan akan sesuatu tanpa alasan yang jelas. Kecemburuan tidak hanya dalam hal cinta namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

    cemburu dalam bukunya ibnu Qoyim;Cemburu kepada orang yang dicintai. Cemburunya akan bangkit jika kekasihnya dijahati dan dirampas haknya. Ini merupakan kecemburuan yang sesungguhnya dari orang yang sedang jatuh cinta. Semua masalah agama pun juga termasuk dalam masalah yang harus dicemburui. Orang yang paling kuat agamanya adalah orang yang paling besar rasa cemburunya.
    Orang yang membual mencintai kekasihnya, padahal dia tahu kehormatan kekasihnya dilanggar, haknya dirampas dan membuatnya murka dan dia tidak cemburu karena kekasihnya diperlakukan seperti itu maka dia adalah seorang pendusta. Bagaimana mungkin seseorang mengaku mencintai Allah sementara dia tidak cemburu tatkala hak-hak Allah dilanggar dan diabaikan?!.,;

    ================================================
    Cemburu adalah romantika kehidupan dalam sebuah perjalanan hidup manusia.bila kita rasakan itu.ambil hikmahnya saja, apa yang menjadi peyebab kecemburuan tersebut. Dan memotivasi kita untuk terus berkarya dalam bidang apapun jua.
    dan terkadang bila kita tak merenung dan berfikir dan tentu saja berintropeksi diri maka tidak sedikit orang menjadi benci. Dan moga kita tidak seperti itu.Amien

    ReplyDelete
  10. Yayaya.... cemburu itu sah-sah saja koq Mbak Rita, karna kata pujangga, cemburu itu tandanya cinta, asal jangan cemburu buta.

    Saya follow blognya yo Mbak, nanti gantian.

    ReplyDelete
  11. Mbak Rita,
    Cemburu bisa diarahkan ke hal positif
    bisa juga kearah yang negatif.

    Tinggal bagaimana kedewasaan kita menyikapinya.

    Salam Kenal, Salam Blogger, Salam Ramadhan.
    Jika berkenan, silakan mampir-mampir ke blog saya.

    ReplyDelete
  12. saya laki2 pencemburu, tapi tidak buta lho Rit
    Ya..kadang2 ajah siy tapinya..

    ReplyDelete
  13. wah bagus nich artikelnya, cemburu boleh tapi ada batasnya, jangan sampai cemburu buta

    ReplyDelete
  14. Aku rasa cemburu itu bagian dari sistim pertahanan diri, suatu mekanisme psiklogis untuk mencoba tetap menguasai apa yang sudah atau akan dimiliki.
    Tentang baik atau buruk itu tergantung konteknya, tergantung dimana rasa cemburu itu ditempatkan.

    ReplyDelete
  15. cemburu bagian dari reaksi psikologis manusia :) perhaps......

    ReplyDelete
  16. rita maafkan bundo dah coba komen disini daritadi tapi gagal terus.. koneksi i-net bundo gawat banget akhir" ini..

    cemburu adalah rahmat dari Allah SWT, agar kita termotivasi menjadi diri yang lebih baik.. supaya kita berhati-hati menjaga semua anugrahNYA..

    dan bundo suka cemburu bila melihat semangat Rita menulis.. hehhhe

    ReplyDelete
  17. itu adalah salah satu anugrah besar yang diberi oleh allah SWT, sehingga kita pun tetep harus bertanggung jawab terhadap rasa cemburu nantinya

    ReplyDelete
  18. Tidak ada larangan utk merasa cemburu, asal tdk berlebihan,
    ada cemburu yg baik juga Mbak, misalnya cemburu dgn kebagusan seseorang dlm beribadah, cemburu pd ketaatan nya pd Allah, swt, sedangkan cemburu yg bersifat duniawi atau hanya sebatas masalah hidup, sepertinya kurang baik, yg penting kita terus tetap istiqomah utk berusaha dan berdoa.
    Salam.

    ReplyDelete
  19. semua rasa yang dimiliki manusia... benci, cinta, rindu, cemburu, iba, dan lain sebagainya adalah sesuatu yang sifatnya fitrah, terinstal dari sononya. fitrah ini merupakan sebuah fasilitas, akan tetapi secara bersamaan ia adalah sebuah cobaan.

    bagaimanakah kita menempatkan rasa itu, sesuai dengan kehendak Allah secara proporsional.

    ReplyDelete
  20. kalau konteksnya cemburu pada kebaikan yang membuat kita termotivasi untuk bersaing dan berlomba-lomba dalam kebaikan, sangat teramat amat bagus sekali, itu.
    Lha wong cemburu itu manusiawi, kok.

    ReplyDelete
  21. Kalau dipikir-pikir apa bedanya cemburu sama iri?.
    Cemburu memang lebih dekat ke perasaan cinta.
    Kalau melihat orang taat beribadah, cemburu atau iri?.

    Selamat berjuang. Bersemangat!.

    ReplyDelete
  22. Cemburu itu fitrah. Gak usah resah dengan datangnya cemburu. Tapi hati2 berubah jadi dengki atau penyakit hati lainnya. Tapi cemburu ini udah jalan menuju hati yang berpenyakit sih - CMIIW. Karena Rasulullah menyatakan pada Aisyah bahwa ketika ia - Aisyah rha - cemburu, maka setan telah mendatanginya.

    ReplyDelete
  23. yg rita bilang 'mencoba menyikapi cemburu dg positif' itulah yg baik kurasa. cemburu itu perlu utk memotivasi ke arah lebih baik

    uni susah lo komen disini, sering gagal :(

    ReplyDelete
  24. Cemburu dalam konteks positif emang jitu. Secara tidak langsung mengobarkan semangat berlomba2 dalam kebaikan.

    ReplyDelete
  25. saya juga bingung dg rasa cemburu...lha saya g pernah ngerasain jd yah g begitu tau..
    pakabar mbak..??


    salam, ^_^

    ReplyDelete
  26. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  27. subhanallaaaaaah.. ketika kita menduakan yang lain.. mulai menjadikan Allah nomer sekian.. Allah akan berkata CEMBURU hahaha
    salam sayang

    ReplyDelete
  28. Yups! Betul memang cemburu pada Alloh yang lantas menjadikan kita rajin beribadah adalah hal yang utama.

    Kalau ama sesama manusia sih, knp harus cemburu. Malah bikin hati sakit dan keenakan yang dicemburuinya dong.. he he he... ^^

    ReplyDelete
  29. tanpa adanya rasa itu... mungkin hidup ini akan hambar mba'... makanya Allah sedikit memberikan bumbu lewat rasa tersebut... teori ngaco saiia sii seperti itu :(

    ReplyDelete
  30. koq tahu c kalau blue tuh cemburuan banget hehehe................
    salam hangat selalu
    pa cabar sobat

    ReplyDelete
  31. yah cembru memang lebih lekat dengan emosi,
    tapi lumrah karena memang manusiawi
    (salam kenal mbak, trims sudh dikunjngi)

    ReplyDelete
  32. hmmm, untuk urusan yang satu ini memang susah. karena salah sifat manusia adalah merasa ingin memiliki, jikala ada sesuatu yang menghambat ditengah jalan, makan dia akan muncul dengan tidak di sadari...

    yah, kembali lagi pada kebutuhan masing2 aja. sesulit apapun menyikapinya, kalo ada niat, tentu semua akan bisa di rubah menjadi hal yang positif

    ReplyDelete
  33. dooooooh jangan kebanyakan cemburu mBake hehehe

    ReplyDelete
  34. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuullllllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  35. salam bahagia, cemburu adalah wajar, selagi itu sesuai dengan rialita, tanpa cemburu tentu tidak ada rasa cinta.

    ReplyDelete
  36. Wah, blog Rita makin keren :D Nice story, inspiratif dan mencerahkan... :)

    ReplyDelete
  37. selamat makan sahur Rit
    udah, ga usah cemburu lagi :lol:

    ReplyDelete
  38. blue koq tak ada cabar dari u ya
    hehehe...
    semangat pagi bersama blue
    salam hangats selalu

    ReplyDelete
  39. brkunjung mbak, tdk lupa d follow, supaya tau update artikel terbaru di blog ini, trims

    salam
    hill

    ReplyDelete
  40. bloghicking aja...
    komennya?. Sudahkan kemarin

    ReplyDelete
  41. selamat siang aja deh, semoga selalu dalam linduganNYA

    ReplyDelete
  42. rasanya sangat manusiawi kalau pernah merasa cemburu akan sesuatu .. asalkan jangan cemburu buta, cemburu tanpa alasan yang jelas dan bagus ..
    saya juga sering cemburu .. kan katanya cemburu itu tandanya sayang .. hehehe .. tapi tetap dalam porsi yang wajar ..

    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    ReplyDelete
  43. pengennya sih cemburu hanya sebatas sesaat saja,,,
    tapi kadang otak ma perasaan suka ga kompromi :D
    jadi suka makan hati sendiri dah klo cemburu yg kayak gitu terjadi.

    ReplyDelete
  44. Terima kasih saya ucapkan kepada semua sahabat yang berkenan untuk mampir dan memberikan komentarnya:). Saya fikir kita semua juga masih sama2 belajar untuk selalu berusaha agar bisa menempatkan rasa cemburu sebagai sebuah hal yg proporsional dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hal tersebut bisa membuat hidup kita lebih bermakna.

    ReplyDelete
  45. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    ReplyDelete
  46. When UGG Classic Tall moment in pandora jewelry time buy Pandora pertains find discount pandora expensive jewelry regarding pandora 2010 Mother you'll notice pandora sale engagement rings is among the actual
    Pandora Bangles ideal presents you can actually produce your mother. You Beads Bangles can find explanation Pandora Bangles Sale why folks should display his or her's mother's UGG Classic Tall bracelets with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely Pandora bracelet difficult times Beads bracelets to be able to opt for the surprise for buy pandora bracelets the purpose of mommy, bracelets is usually something you mom will pandora bracelets and charms forever want in addition to clothing. The many you will discover six handy pandora bracelets sale techniques for purchasing discount pandora bracelets the best Single parent's expensive jewelry.

    ReplyDelete
  47. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin