Monday, March 01, 2010

Sepuluh Sifat Baik


Alhamdulillah, pada hari Kamis tanggal 25 Februari kemarin saya menerima kiriman buku dari Surabaya, dari seorang Pakdhe yang sangat baik hati;), siapa lagi kalau bukan Pakdhe Cholik. Terima kasih ya Pakdhe, bukunya sudah saya terima dan sebagian besar isinya sudah saya lahap;).

Lalu bagaimana ceritanya buku itu bisa sampai ke tangan saya?. Jadi ceritanya begini, pada tanggal 19 Feb 2010 Pakdhe mengundang saya untuk berpartisipasi dalam acara Tumpengan Milad dalam rangka menyambut Hari Ultah Budhe yang jatuh pada tanggal 20 Februari 2010. Kemudian saat itu juga saya pun langsung menuju ke TKP dan mencoba berpartisipasi semampu saya, eh tak disangka dan tak diduga alhamdulillah ternyata besoknya Pakdhe memberitahu kalau saya termasuk salah satu yang beruntung pada postingan Tali Asih Milad, dan mendapatkan sebuah buku yang berjudul seperti gambar di atas: Berjuta Berkah Karena Sedekah.

Nah karena saya belum berani menulis resensi sebuah buku (belum PD!), maka saya mencoba merangkum saja salah satu bacaan yang ada di dalam buku tersebut, yaitu yang terdapat pada halaman 119 yang berjudul: ”Sepuluh Sifat Baik”. mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil dari resume singkat ini.

Ada sepuluh sifat baik. Jika sifat baik ini dilakukan seorang hamba, ia akan mencapai derajat orang-orang shalihin dan memperoleh kemuliaan di dunia dan akhirat, yaitu:
1). memperbanyak sedekah;
2). banyak membaca AlQuran. Rasulullah SAW bersabda mengenai keutamaan membaca AlQuran: ”Bacalah AlQuran karena ia akan datang sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat” (HR Muslim);
3). berkumpul bersama orang-orang yang selalu mengingat akhirat, sehingga kita tidak berharap secara berlebihan kepada dunia;
4). memperbanyak silaturrahim. Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan silaturrahim tersebut: ”Barangsiapa yang senang jika rizkinya diluaskan dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bertaqwa kepada ALLAH dan menyambung tali silaturrahim” (HR Muslim);
5). menjenguk orang sakit. Rasululah SAW bersabda: ”Barangsiapa menjenguk orang sakit, berarti ia senantiasa berada dalam kebun surga sampai kembali pulang” (HR Muslim);
6). sedikit bergaul dengan orang-orang kaya yang selalu sibuk dengan kekayaan dan lupa dengan akhirat;
7). banyak memikirkan dimanakah tempatnya setelah meninggal besok;
8). banyak mengingat mati dan sedikit berangan-angan. Rasulullah SAW bersabda: ”Orang cerdas adalah yang selalu mengoreksi dan mempersiapkan diri dengan banyak amalan untuk kehidupan setelah mati. Sedangkan orang bodoh yaitu yang selalu mengikuti hawa nafsu dan banyak berangan-angan”. (HR Ahmad);
9). banyak diam dan sedikit berbicara;
10).tawadhu’ (rendah hati), memakai pakaian yang sederhana, mencintai fakir miskin dan bergaul dengan mereka, mendekati anak yatim dan mengusap rambut mereka (Tanbiihul Ghaafilin, 252).

Demikian itulah Sepuluh Sifat Baik yang jika kita amalkan maka insyaALLAH akan mendatangkan kemuliaan di dunia dan di akhirat kelak, amiin.
Melalui tulisan ini sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pakdhe dan Budhe. Semoga keberkahan dan kemuliaan selalu menaungi kehidupan Beliau berdua dan keluarga, amiin.


NB: Maaf ya Pakdhe dan kawan2, baru bisa berbagi ilmu dari buku yang aku dapat hari ini, entah kenapa belakangan ini semangat ngeblog aku sedang menurun hiks hiks hiks:(:(...


51 comments:

  1. hehe ada yang semangat nge blognya menurun. gpp Rita jangan dipaksakan. Jalan-jalan aja dulu entar habis jalan2 baru ceritain kisahnya di sini.

    makasih sharing 10 sifat baiknya ya Rit, Insya Allah bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Rita sayang, kenapa komen bundo engga muncul ya ?

    ReplyDelete
  3. saya juga lagi nunggu kiriman dari Pakdhe, mBa... :D

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. @nakjaDimande
    Iya niy Buuund, kenapa semangat itu seakan menghilang, dan digantikan rasa malas yang berkepanjangan hikzs...ayo Rita!, semangat semangat semangaaaaaat!!! heheheh *biar semangat nih ceritanya:D. Komen Bundo ada dua kok!! hehehe

    @Hari Mulya
    Whoaaa, selamat berdebar-debar deh Har:), tapi btw kenapa ada komen yg diremove yach? hehehe..

    ReplyDelete
  6. selamat Mba, mantap sekali bukunya...jadi ngiler nih...

    ReplyDelete
  7. Selamat ya atas tali asihnya...

    Emang nikmatnya sedekah nikmatnya harta. Jadi kalo mau hartanya terasa nikmat ya sedekah. kayaknya gitu deh...

    Salam hangat dari Balikpapan...

    ReplyDelete
  8. terima kasih ya Rit sdh berbagi 10 sifat baik. mskpn Rita menurun semangat ngeblognya tp ttp rajin bersilaturahmi ke blog sahabat toh spt sifat no 4 di atas.
    **dan terbukti mendapatkan rizki melalui perantaan pakde yg telah memberikan sebuah buku yg bagus
    ***akhirnya, avatarmu ada wajahmu :)

    ReplyDelete
  9. waduw mba, hari ini di blog gw juga ada koment yang diremove ma si pemberi komengnya. :D :D :D

    ReplyDelete
  10. @Badruz
    Terima kasih mas. Iya emang mantab nih Pakdhe milih judul Buku:)

    @Budimulyono
    Terima kasih Pak. Betul, harta baru terasa nikmatnya kalau sudah terbebas dari hak orang2 yg berhak atasnya...Salam hangat dari Jakarta:)

    @Kyaine
    Sama-sama Kyaine:), iya memang meskipun semangat ngeblog menurun tapi BW harus jalan teruuus, coz ada semacam hiburan tersendiri setelah membaca tulisan kawan2, soalnya tulisan kawan2 bikin ketagihan siiiy, makanya jadi pengen baca lagi dan lagi:). Nah kalau avatar itu karena aku kan sedang belajar me-narsis-kan diri om, ya persis kayak kyaine lah hehehe...

    @ofaragilboy
    weleh-weleh siapa tuh pelakunya yak?, kok tega-teganya melakukan perbuatan itu hehe :p

    ReplyDelete
  11. Sepuluh sifat baik mg dapat kumiliki Mbak ya...

    ReplyDelete
  12. p cabar
    wah terima kasih telah berbagi artikel
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Apa kbr kak rita?
    Senangnya melihat update lg, apalagi berbagi artikel yang baik, mengingatkan dan bermanfaat. Selamat ya kak atas tali asihnya. Sy jg dapat tp br kupegang, hehe. Salam

    ReplyDelete
  14. Salam Takzim
    Selamat ya atas hadiah yang diterima, walau sedikit kesimpulan yang disajikan tetapi saya sedikit banyak mengetahui sepuluh sifat baik ini.
    Maap mbak Rita lama tidak berkunjung, semoga mbak Rita tetap ingat dengan saya
    Salam takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  15. Wah selamat atas bukunya.... kapan ya saya dapat kiriman buku

    ReplyDelete
  16. Semoga buku ini akan selalu menispirasi dalam setiap langkahnya rita dalam mengerjakaan aktivitas sehari-hari. dan postingan inipun bagiku adalah nasehat untuk kita semua agar kita mampu mengejawantahkan apa yang menjadi pesan yang ada dalam tulisan diatas. Semoga

    ReplyDelete
  17. @UMS EDUKASI RSBI
    amien, semoga kita sama-sama bisa memiliki sifat baik itu Bu...

    @bluethunderheart
    sama-sama mas Blue, salam hangat juga:)

    @dasir
    wlkmslm.Alhamdulillah baik Sir. hehehe iya nih Sir baru update lagi. Iya dirimu dapat juga ya, selamat membaca kalau gt:)

    @batavusqu
    terima kasih Pak...Ya masih ingat atuh Pak:) Terima kasih sudah berkunjung...

    @sauskecap
    terima kasih mba...Terus perbanyak silaturrahim mba, nanti insyaALLAH dapat kiriman buku deh :)

    @kawanlama95
    amiin, terima kasih kak.

    ReplyDelete
  18. slmt atas kiriman bukunya ya, mbak...
    semoga kita dpt mengamalkan 10 sifat baik itu dlm khdupan shri-hari ya.... :)

    ReplyDelete
  19. @vany
    terima kasih Vany, amiin semoga kita bisa...

    ReplyDelete
  20. Selamat atas kiriman bukunya Mbak Rita.
    Jangan berhenti menulis doooong...
    Kita akan sangat kehilangan niiih...
    yah...

    ReplyDelete
  21. kunjungan pertama....
    salam kenal mbak.
    selamat ya atas buku yang didapatnya, saya jg pernah dapat hadiah dari pa'de... :)

    ReplyDelete
  22. hohohoho...ternyata mod ngeblog kita lagi sama-sama down ya Teh :D

    yupzzz..Insya Allah asal semua sifat itu dijalankan dengan ikhlas, Insya Allah berkah

    selamat malam & selamat beristirahat Teh

    -salam hangat-

    ReplyDelete
  23. @adelays
    iya De, ini juga sedang mengumpulkan semangat supaya bisa ada ide lagi buat nulis...abis kemarin kelamaan off nulisnya, jadi beku deh nih otak, hiks:(

    @thedollarcorner
    salam kenal juga:) makasih ya atas kunjungannya...

    @Hariez
    wah emang lagi down juga mas Hariez ya:), iya insyaALLAH berkah, semoga kita semua bisa, amiin...

    ReplyDelete
  24. waduh baru beberapa point yang bisa dilakukan... itu pun bolong2... moga-moga kedepannya kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik

    ReplyDelete
  25. selamat ya dapet buku dari pakdhe
    si pakdhe mah emang top

    ReplyDelete
  26. @sauskecap
    iya sama nih mba, baru bbrp poin, itu pun belum konsisten...ayo semangat terus!!

    @julie
    terima kasih mba Julie:). emang top deh Pakdhe..

    ReplyDelete
  27. Baca dan implementasikan isi bukunya. Tentu hebat.

    ReplyDelete
  28. weew..keren amat bukunya.. selamat ya.. ilmunya tambah banyak..

    ReplyDelete
  29. Selamat ya, dapat hadiah tak ternilai (isinya). Saya juga pengen nih, sudah ada di toko buku belum ya? Salam

    ReplyDelete
  30. wah..tali asih dari pakde juga ya mbak???
    selamat mbak rita...

    ReplyDelete
  31. selamat atas tali asih berupa bekunya ya ..

    Salam Hangat Selalu

    ReplyDelete
  32. @M Mursyid PW
    Iya, sedang berusaha mengaplikasikan nih Pak...

    @Muhammad Zakariah
    Terima kasih, inysaALLAH semakin bertambah..

    @ALRIS
    Terima kasih mas, wah saya belum hunting di toko buku nih, perlu dicari tuh...

    @Isil
    Yup betul Sil, terima kasih ya...

    @Abula
    Terima kasih...Salam hangat juga...

    ReplyDelete
  33. wah...wah...makasih infonya..., smoga bisa diterapkan.
    Salam kenal...kunjungan perdana nih...?

    ReplyDelete
  34. Sepuluh perilaku ...
    yang sangat layak untuk kita ikuti ...
    dan saya rasa itu sebetulnya sama sekali tidak susah ...

    Hanya kadang kala manusia suka lupa saja

    Salam saya Bu Rita

    ReplyDelete
  35. walaupun semangat ngeblog sedang menukik turun, tapi Mbak Rita masih rajin BW, bersilaturahim.
    Terima kasih utk sharing 10 sifat baiknya,Mbak Rita.
    semoga kita bisa istiqomah menjalaninya,amin.
    salam.

    ReplyDelete
  36. Sifat baik memang harus kita teladani, sukur-sukur bisa kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salam jepret!

    ReplyDelete
  37. waah, mba rita dpt bingkisan... hore! seneng pastinya ya mba.. :)
    salam berkunjung dari dhila.. lama gak main euy.

    ReplyDelete
  38. hore hore,dapat hadiah lagi,seep:D,jd pengen nigh

    ReplyDelete
  39. bukunya sangat menarik kayaknya..
    pak De Chalik juga ngasih buku ke orang yg tepat
    mabk Rita pastinya sangat suka dengan ilmu yg ada di dalamnya..

    ReplyDelete
  40. Walaupun copas dari buku, kan tetep bermanfaat untuk orang lain :)

    thx 4 sharing.

    ReplyDelete
  41. Selamat Mbak Rita atas paketan bukunya.

    Alhamdulillah...kebiasaan baik ini sudah menjadi bagian dalam hidup saya. Dan banyak fadhilah yang saya rasakan dari membiasakan sedekah.

    Mudah-mudahan Mbak Rita tidak hanya membacanya, lebih dari itu juga mengamalkannya.

    ReplyDelete
  42. wah.... dapet buku yach...? selamat ya mbak...
    salam kenal dan salam hangat dari blogger bali

    ReplyDelete
  43. Pagi kak Rita, mari sambut mentari dg penuh kehangatan dan semangat hari Jumat. Caiyo..

    ReplyDelete
  44. Pertamax, selamat atas hadiah yang Rita peroleh dari Pakde... :)
    Keduax, Trims udah mau membagikan sebagian isi bukunya disini... :)
    Ketigax, kok semangat ngeblog kita cenderung sama akhir2 ini ya? Menurun! :D

    ReplyDelete
  45. Semangat ngeBlog menurun, semangat makan menjadi-jadi ya nduk ha ha ha ha
    ayoo..maju terus berbagi ilmu.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  46. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    ReplyDelete
  47. When UGG Classic Tall moment in pandora jewelry time buy Pandora pertains find discount pandora expensive jewelry regarding pandora 2010 Mother you'll notice pandora sale engagement rings is among the actual
    Pandora Bangles ideal presents you can actually produce your mother. You Beads Bangles can find explanation Pandora Bangles Sale why folks should display his or her's mother's UGG Classic Tall bracelets with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely Pandora bracelet difficult times Beads bracelets to be able to opt for the surprise for buy pandora bracelets the purpose of mommy, bracelets is usually something you mom will pandora bracelets and charms forever want in addition to clothing. The many you will discover six handy pandora bracelets sale techniques for purchasing discount pandora bracelets the best Single parent's expensive jewelry.

    ReplyDelete
  48. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin