Friday, March 12, 2010

NgiDaM...


Beberapa hari belakangan ini entah kenapa aku teringat dan terbayang-bayang terus pada salah satu lalap-an favorit aku sejak kecil dulu hingga saat ini, yaitu jenis lalap-an yang berwarna ijo! persis sama pula dengan warna kesukaanku, ijo!!, hidup ijo!!! :D. Lalap-an yang aku maksud itu adalah ”pucuk daun jambu monyet”, hayoo siapa yang tahu dan pernah makan lalapan itu???, acungkan jari nyaaaa!!:D. Aku tebak dari 5 yang membaca mungkin cuma satu atau dua orang yang pernah memakan lalap-an daun jambu monyet itu. Hal ini memang karena keberadaan jenis tumbuhan yang menghasilkan lalap-an itu tidak mudah ditemui di sembarang tempat, tanaman ini hanya bisa tumbuh pada daerah panas dan cenderung berpasir.

Ketika aku kecil dulu, di pekarangan rumahku bagian belakang (orang kampung kami menyebutnya dengan sebutan ”palak”) tumbuh sebatang pohon jambu mete / jambu monyet, dan karena keseringan bermain di bawah sekaligus di atas pohonnya, makanya aku jadi akrab dengan pucuk daun yang berwarna ijo dan menggoda itu;). Nah jadilah sejak itu aku sangat menggemari pucuk daunnya, saking sukanya tak peduli apa pun lauknya ketika aku makan jika ditemani dengan lalapan pucuk daun yang satu ini maka selera makan aku akan bertambah dua kali lipat, dahsyat rek!!!, di samping memang karena aku tipe orang yg sangat suka berbagai jenis lalap-an juga siiy. Dan setiap aku pulang kampung pasti tidak akan pernah melewatkan jenis lalapan yang satu itu, namun sayangnya semakin ke sini tuh pohon semakin sulit untuk ditemukan, hikzzzsss.

Suatu waktu ketika aku pulang kampung dan saat itu sedang SANGAT INGIN SEKALI makan lalapan pucuk daun jambu monyet, namun pohon itu begitu sulitnya ditemukan, sampai-sampai aku berucap di dalam hati: ”jika ada seseorang yang bisa memberitahu aku dimana letak keberadaan pohon jambu monyet yang memiliki pucuk yang rimbun sehingga memudahkan bagi aku mengambil pucuk daunnya untuk lalapan, maka kalau dia cowok single akan aku jadikan suami (dengan catatan: kalau dia sesuai dengan kriteria aku dan jika dia juga suka sama aku tentunya hehehehe), dan kalau dia cewek maka akan aku jadikan adik/kakak/tante/ibu/nenek”.

Dan anehnya setelah berniat seperti itu tak ada satu orang pun yang menyampaikan informasi dimana keberadaan pohon jambu monyet tersebut, ya iyalah kan aku hanya woro-woronya di dalam hati xixixixi, tidak diumumkan ke khalayak ramai hehehe ada ada aja. Alhamdulillah akhirnya pohon tersebut berhasil ditemukan oleh kakakku yang perempuan di pekarangan salah seorang yang tak boleh disebutkan namanya, duh kayak PANSUS aja!, nah berarti niatku yang tadi sudah batal dunk:D. Hingga saat ini setiap aku pulang kampung aku selalu meminta pucuk daun jambu monyet ke rumah orang itu, kenapa meminta? karena kalau aku ingin membeli pun pasti yang punya tidak mau menerima karena memang mereka tidak memperjualbelikan pucuknya.

Naah beberapa waktu belakangan ini aku tengah diserang ”keinginan yang sangat” atau NgiDaM untuk menyantap lalap-an pucuk daun jambu monyet itu. Aku cari ke swalayan gak nemu, coba cari di pasar tradisional juga gak bersua, tanya ke abang-abang tukang sayur yang lewat di depan kosan, dia bilang jarang sekali ada, dan kalau pun ada kebanyakan sudah layu dan hitam warnanya, hiks huaaaaaaaa, tinggallah aku harus menahan perasaan NgiDaM ini seorang diri *hehehe lebay deh...

Anda sendiri apakah suka lalap-an?, apa jenis lalapan favorit anda, apakah sama dengan aku?. Mari kita saling betukar lalap-an, eh salah bertukar cerita tentang lalapan maksudnya :p


Gambar diambil dari sini

58 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Poho jambu monyet emang termasuk salah satu pohon buah yang mulai langka di Indonesia. saya pernah mau bikin postingan tentang itu tapi belum jadi.

    ReplyDelete
  2. wew..kirain ngidam apa, heheh, qiqiqi *peace mbak rita
    jambu monyet??
    waduh dulu pas kecil cuma suka makan jambunya, sayur ga begitu doyan euy

    ReplyDelete
  3. @Mas Alam
    Yup silahkan monggoo mas Alam untuk Pertamaxnya:)
    Iya kemarin terbersit mau tanya mas Alam tentang karakteristik pohon yg satu ini...Ayooo mas Alam bikin postingan tentang pohon jambu monyet dooonk *request ceritanya :p

    @nurrahman
    hayoooo jangan mikir yg aneh-aneh yaaa:), hmm tapi jambunya juga enak kok Rif, apalagi bijinya uenak tenan!

    ReplyDelete
  4. wah ko ngidamnya daun jambu MONYET..!!!!

    :D

    ReplyDelete
  5. aku paling suka lalapan, tapi untuk daun yang satu ini aku lom coba tuh.... pasti sepet ya rasanya....

    ReplyDelete
  6. hehehe saia blom pernah nyoba makan yg ijo2
    salam kenal

    ReplyDelete
  7. @ofaragilboy
    ya karena itu salah satu kesukaanku...Duh kok ya semangat banget tuh nulis kata monyetnya teman:)

    @yangputri
    Waaah coba sekali-kali mba, iya memang rasanya agak sepet-sepet gitu mba...Tapi justru itu yg bikin aku suka hehehe....

    @peri01
    mangga dicoba atuh makan yg ijo-ijo hhehehe
    salam kenal juga, makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  8. di pasar tradisional dekat rumah bunda,ada yg jual lho Mbak Rita, mau?
    kalau bunda utk lalapan, masih lebih suka daun kemangi,selada dan poh2an, pernah nyoba daun jambu monyet, kurang suka , rasanya agak asem2 sepet gitu ya Mbak.
    kalau bijinya sih doyan banget he he
    salam

    ReplyDelete
  9. waduh untung ga lagi hamil ya.. ko iya,..anaknya nti bisa ngeces terus.. heheh..

    saya urang sunda, tp diantara keluarga, saya termasuk yg paling susah makan lalap.. ( padahal di tengah teman2 yg berasal dr jateng, saya dibilang saingan ma embe.. :) )

    lalap yg saya suka : daun singkong, terong bulet, selada, daun kemangi, kecipir mentah, selada air

    klo pucuk daun jambu monyet belom pernah makan.. belom pernah denger malah klo pucuknya bisa dimakan..

    ReplyDelete
  10. belum pernah nyoba mbak. padahal kalo dikampung tempatnya mbah ada pohon jambu monyetnya... kalo lalapan yang penting bukan pete aja... gak kuat bisa mabok...

    Salam sahabat dari Balikpapan.

    ReplyDelete
  11. klo aq sih segala macam jenis lalapan ku suka.. yg penting ada sambelnya..haha.. (pecinta sambel nih)..

    klo susah nyari daun jambu monyet ditanam aja mbak pohonnya depan rumah.. kan gak ntar gak usah minta lagi.. hhe. :D

    ReplyDelete
  12. aku gak terlalu suka lalapan, mbak...
    biasanya malah papakuw yg suka...hehehe
    aku paling makan lalapan kemangi ama mentimun gt kalo pas makan penyetan....hihihi
    btw, kalo org sunda katanya memang suka lalapn ya?
    biar awet muda gitu... :D

    ReplyDelete
  13. jadi di jaman sekarang lebih susah nyari jambu monyet daripada monyetnya... pdhl dulu waktu kecil banyak penjual manisan jambu monyet...

    ReplyDelete
  14. lha, saya malah baru tahu klo pucuk daun jambu monyet bisa jd lalapan :roll:
    bisa jd jambu monyet makin jarang ditemui di kebon2, krn harga kaca mete sekarang ini muahal nian.
    lalapan langka yg akan saya cari ketika pulang kampung adalah kembang turi, biasa dimakan sebagai sayuran pecel.

    ReplyDelete
  15. baru tau kalo pucuk daun jambu monyet bisa dijadikan lalapan
    aku sukanya selada,kemangi, timun selain itu ga pernah makan yang mentahmentah kecuali pake mayonessss

    ReplyDelete
  16. Sammmaaaa dong kita ... ya iyalah, dulu waktu kecil mainnya di pohon jambu 'Monyet) ... Waktu itu yg banyak tumbuh, ya pohon monyet - sekarang jadi langka?
    Kemaren saya pulang kampung memang gak ada pohon itu, yg banyak pohon karet. (ngidamm? dah berapa bulan?) :P

    ReplyDelete
  17. ho.. aku baru tau kalau pucuk daun jambu monyet bisa buat lalapan... :D
    ada tuw mba pohonnya,, tapi dipekarangan rumah mbah-le' ku di jawa.. hehehhh

    ReplyDelete
  18. @bundadontworry
    wah mau dunk Bund dikirimin:), betul kalau kata orang rasanya kelat, tapi menurutku justru itu yg bikin enak Buuund:)

    @ceuceu
    wuiih kesian bener yach ngeces terus:p. Terong bulat muda dan kecipir saya juga suka ceu!..
    kadang kalau sdg makan berbagai jenis lalapan saya suka teringat juga sama embe sih ceu hehehe

    @Budi Mulyono dan Henny Faridah
    wah asyik tuh mba kalau ada pohonnya, kalau enggak suka pucuknya kan bisa makan biji jambunya mba, uenak tenan!. Kalau untuk pete dan jengkol saya sangat menghindari mba:)

    @muhammad zakariah
    dicocol sambel+ikan asin dan nasinya anget-anget gt yah, hmmm uenaaakk:)

    @vany
    iya mba biar awet muda kayak ibunya sangkuriang hehehehehe...

    @sauskecap
    hmm, bener tuh mba pohon jambu monyet sekarang sudah mulai langka kata mas Alam:)

    @kyaine
    wah pak'e ketinggalan nih, sekali-kali kalau nemu coba deh Pak...hmm, kembang turi?? jujur saya enggak tahu yg mana tuh pak?

    @julie
    iyaa bisaaa mba, kapan2 dicoba mba kalau nemu:)

    @abrus
    kalau pohon karet sih di Riau emang tempatnya Bang:), iya udah bertahun-tahun nih NgiDaM nya hehe

    @secangkir teh dan secangkir roti
    ah masak iya, jangan ngegosip ah:)

    @rayya
    yaaa Rayya, masak yg di pekarangan di jawa sono yg disebut, itu sih kemahalan ongkosnya atuh, kecuali kalau Rayya pulang mau sekalian bawain buat oleh2 heheh:)

    ReplyDelete
  19. ngidamnya aneh..
    kaLo aku ga suka sayuran dan ijo2an lainnya, mBa...

    ReplyDelete
  20. ehm..ngidam ya...kalo aku ke Mekkah ajalah...

    ReplyDelete
  21. blue suka semua lalapan...........heheh secara blue urang Tasikmalaya
    jadi kapan ajak blue maan sareng lalapan?
    p cabar
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  22. saya baru tahu daun jambu monyet bisa untuk lalapan, rasanya gimana ya. udah dapat belum mba rita, apa bisa diganti sama daun pepaya? yang ini saya paling suka loh...

    ReplyDelete
  23. @Hari Mulya
    Hmmm...iya emang aneh Har, namanya juga ngidam ya pasti aneh lah...Waaaah rugi tuh kalau sampai gak suka sama yg ijo-ijo:)

    @UMS EDUKASI RSBI
    amiin, ayo ke Mekkah bareng Bu:)

    @Bluthunderheart
    Hmm, iya kapan atuh mas Blue? kita hunting lalapan bareng hehe...Salam hangat juga.

    @Hari Mulya
    masih Har, abis belum terpenuhi nih ngidamnya hhehe...

    @Pesona Danau Ranau
    hmm, itu emaknya Mas Alamendah ya heheh..

    @Lagi Ngidam juga
    jiaaah, sammma dunk kita xixixi...

    @Mamah Aline
    Iya bisa jadi lalapan juga Mah, rasanya agak2 kelat gitu. Ampe sekarang belum dapat nih, wah kalau ngidam ini enggak ada yg bisa menggantikan Mah eheheh...Pahitkan rasanya?

    ReplyDelete
  24. hik belum kebayang saya
    klo seumpama besuk punya istri dan dia lagi ngidam heheh pasti pusink nuy carinya hahah

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya he
    salam blogger
    makasih
    :D

    ReplyDelete
  25. heheh ngidam na jambu mete yaw heh
    blogwalking

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum, saya kebetulan kurang suka makan lalap-an, tapi saya lihat saudara saya yg sangat suka makan lalapan, seperti sangat nikmat sekali melihatnya makan lalap-an dengan sambal. Maaf, baru berkunjung sekarang, dikarenakan ada kesibukan yang lumayan padat. (Dewi Yana)

    ReplyDelete
  27. ngidamnya masih Rit? gaswat.. gaswat..!!! :p

    Bundo suka kemangi, dulu pertamkali terasa aneh, tapi lama-lama jadi doyan!

    ReplyDelete
  28. @Darahbiroe
    Naah itu salah satu resiko jadi suami om:), siap-siap aja dari sekarang hehehe...

    @antok
    yoi om:), makasih atas kunjungannya...

    @jalandakwahbersama
    wlkmslm...Bagi yang suka lalapan sangat nikmat rasanya mba, coba deh sekali-kali:). Terima kasih kunjungannya mba Dewi...

    @nakjaDimande
    Iya lumayan masih terasa nih Bund:), saya kalau kemangi kurang suka Bund, wanginya itu loh menyengat kali...

    ReplyDelete
  29. aku datang tanpa blue nich.........heheh
    semangat y
    salam dalam kehangatannya aku

    ReplyDelete
  30. Salam Mbak Rita,
    Ingin ngidam beneran atau hanya sekedar kepengen lalapan daun jambu monyet ?
    Enakan lalapan sawi sama sambal terasi.

    ReplyDelete
  31. oo ”pucuk daun jambu monyet” ya itu mah ada dibelakang rumah de kalo mau dateng kerumah aja. di deket rumahnya si borie juga ada. Mau diambilin
    ato gimana kalo makan bareng kawan-kawan di deket setu gedong . wah enak keknya

    ReplyDelete
  32. wedew... ada banyak banget pohon jambu mede di sini, tapi tak pernah kepikiran ikutan makan... yah mungkin karena beda lubuk beda ikannya kali ya... wass

    ReplyDelete
  33. mampir ya mbak....

    kunjungan pertama ne...


    tak tunggu kunjungan baliknya ya...

    thanks b4..

    ReplyDelete
  34. Wah, jenis lalapanmu kok sama dengan bude..kalau lihat pucuk daun mete langsung ijo, dicampur daun pepaya lageee. ampyun deh
    Emakku saja geleng2 lihat menantunya makan daun aneh itu ha ha ha hak.
    Saya suka lalap mentimun, lejet ama, brokoli dan juga kangkung ama bayam and toge ha ha ha.sadap benar,
    Salam rindu selalu.

    ReplyDelete
  35. aq blom pernah nyubain lalaban daun jambu monyet... paling ga suka lalabannya tuh pete...hiyeekzz bgt gtu... hehehe... salamkenal ^^

    ReplyDelete
  36. bhahaha.... aku juga suka wektu kecil itu lalapan daun muda jambu.
    ditambahkan garam dikit... rasanya bener2 nikmaat.
    tapi bukan jambu monyet, adanya jambu kluthuk.. kalo jambu monyet belum pernah.. belum kebayang rasanyaa

    ReplyDelete
  37. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Duh ternyata sudah apdate, aku yang terlambat datang karena habis pulang kampung belum greget lagi ngeblognya.
    Aku ga doyan ama lalap yang ini kak lebih seneng ama timun dan tauge..hihihi..salam

    ReplyDelete
  38. Lalapan ?
    mmm... kalau saya tergantung sambelnya ...
    kalo sambelnya maknyus ...
    daun apapun saya akan jadikan lalapan ... (termasuk daun pintu dan daunjendela ...) hehehe]

    But seriously ...
    Lalapan memang bisa menambah nafsu makan
    Favorit saya standart ... Timun !!!
    Dan kalau sedang beruntung ...
    Leunca dan Oncomnya sekalian ... (aaarrrggghhh)(itu mah bukan lalapan Om ...)

    Salam saya

    ReplyDelete
  39. Jambu monyet buat lalapan?
    Jambu kluthuk di tempatku banyak, Mbak.

    ReplyDelete
  40. ternyata daun itu bisa buat lalapan juga ya...hmm belum pernah nyoba ne

    ReplyDelete
  41. @all
    Terima kasih atas kunjungan sahabat ke blog yang sederhana ini, Semoga bisa semangat terus nih buat ngeblog...

    ReplyDelete
  42. Waahh aku paling suka Jambu Monyet, soale mirip-mirip saya :D

    ReplyDelete
  43. Aku sih nggak kenal sama daun jambu monyet.
    Kalo biji metenya aku suka banget :)
    Kalo lalapan sih, suka aja asal nggak pahit.
    Rit, mampir juga ya di tempatku yang baru http://kakaakin.info/

    ReplyDelete
  44. Saya no.1 kalo soal lalapan tapi bener belum pernah nyobain ngelalap pucuk daun jambu monyet,jadi pengen nyoba juga.

    ReplyDelete
  45. aku y aku jangan panggil blue....hehehheh
    salam dalam kehangatannya aku
    senangnya aku bila bisa jadi sefamiliarnya blue....wajakakakak

    ReplyDelete
  46. de, makan lalap daun jambu monyet , kapan yuukkkkkk

    ReplyDelete
  47. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    ReplyDelete
  48. When UGG Classic Tall moment in pandora jewelry time buy Pandora pertains find discount pandora expensive jewelry regarding pandora 2010 Mother you'll notice pandora sale engagement rings is among the actual
    Pandora Bangles ideal presents you can actually produce your mother. You Beads Bangles can find explanation Pandora Bangles Sale why folks should display his or her's mother's UGG Classic Tall bracelets with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely Pandora bracelet difficult times Beads bracelets to be able to opt for the surprise for buy pandora bracelets the purpose of mommy, bracelets is usually something you mom will pandora bracelets and charms forever want in addition to clothing. The many you will discover six handy pandora bracelets sale techniques for purchasing discount pandora bracelets the best Single parent's expensive jewelry.

    ReplyDelete
  49. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin