Wednesday, March 24, 2010

Untaian Doa itu akan KembaLi pada Kita...

Apa yang sahabat lakukan ketika misalnya sedang dalam perjalanan melihat seorang bapak tua yang tertatih-tatih menarik gerobak sampah, atau melihat nenek-nenek sedang duduk menunggui dagangan serabinya yang mungkin semuanya sudah dingin karena belum juga ada yang laku.

Atau di lain waktu mungkin sahabat juga melihat seorang bapak setengah baya dengan badannya yg kurus kering di tepian jalan raya tengah bekerja memecah batu-batu yang besarnya hampir sama dengan ukuran badannya, atau dengan tidak sengaja mungkin sahabat juga melihat beberapa orang anak yg sedang tidur di pinggiran jalan tanpa selimut apalagi bantal. Ketika melihat semua realita hidup itu apa yang sahabat lakukan?, sementara pada saat itu sahabat sama sekali tak bisa hadir untuk menghampiri mereka.

Ketika itu mungkin sahabat sedang berada jauh dari mereka, berada di dalam bis misalnya, atau sedang boncengan naik motor atau sedang berada di kendaraan mewah ber-AC dan full music. Apa yang bisa kita lakukan dalam kondisi seperti itu??. Menurut hematku hiasilah setiap sudut ruang hati kita dengan untaian doa kebaikan untuk saudara kita, semoga doa-doa yang kita panjatkan akan menjadi bagian dari sedekah untuk mereka jika hati kita ikhlas melakukannya. Ingat kan sahabat? bahwa setiap doa dan ucapan yang kita keluarkan maka akan kembali kepada diri yang bersangkutan. Jadi pada hakikatnya ketika kita memanjatkan doa kebaikan untuk saudara kita maka pada saat itu pula sebenarnya kita sedang mendoakan diri kita sendiri...

Mari kita perbanyak doa untuk saudara dan sahabat kita dimana pun mereka berada baik yang kita kenal maupun tidak. Semoga ALLAH senantiasa menautkan hati-hati kita dengan satu untaian kata yaitu DOA. Aku berdoa semoga semua saudara dan sahabatku selalu berada dalam penjagaan dan perlindungan ALLAH hingga nanti kita kembali kepada-NYA, amiin...


58 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Sebuah usaha yang sebenarnya mudah dan bermanfaat buat orang lain dan diri kita tetapi entah kenapa seringkali terlupakan, ya?

    ReplyDelete
  2. Rasulullah mencontohkan bahwa saat berdoa beliau selalu mengucapkan Ya Tuhan kami, bukan Ya Tuhanku.. Beliau tak pernah berdoa untuk dirinya sendiri.

    bundo pernah tulis di sini

    ReplyDelete
  3. Saya tidak mampu bersikap. Saya sendiri termasuk golongan orang yang menarik gerobak itu.

    ReplyDelete
  4. sering terenyuh, dan trmksh tlh diingatkan. Salam

    ReplyDelete
  5. Sesama muslim adalah bersaudara... bila bersaudara harus saling sayang menyayangiii salah satunya dengan do'a...

    ReplyDelete
  6. mudahmudahan bisa selalu seperti itu

    ReplyDelete
  7. liks udah aku pasang balik makasih aku beri nama ritasusanti cek aja di blogroll ku

    ReplyDelete
  8. Bersyukur klu kita bernasib lebih baik dan diberi nikmat yg lebih dr orang lain oleh Allah Ta'ala.
    bersabar klu kita bernasib sebaliknya.

    ReplyDelete
  9. Mari berdoa bukan untuk diri kita, tetapi untuk orang yang tidak kita kenal sekalipun.

    berdoa dan berbuat pada saat kita bisa berbuat. salam mbak

    ReplyDelete
  10. Doain gw ya kalo gitu heheheh....
    gw doainnya dalem hati aja yah

    ReplyDelete
  11. @alamendah
    iya mas Alam, kita lebih sering lupa daripada ingatnya...

    @nakjaDimande
    iya Bundo, Rasul sll berdoa untuk segenap umat manusia...Aku sudah baca tulisan Bundo yg itu, bermakna sekali, terima kasih Bund link nya...

    @David
    Siapapun kita mudah untuk bisa saling mendoakan..Terima kasih sudah berkunjung ya...

    @Dasir
    Wlkslm Wr Wb...Sama-sama saling ingatkan ya Sir...

    @Budi Mulyono
    iya mba, doa adalah satu bentuk sayang kita pd saudara kita...

    @julie
    mudah-mudahan mba:)

    @coretan sayang
    Oke! makasih mas...

    @wawansri
    betul Pak, terima kasih kunjungannya...

    @JumiaLely
    berbuat selagi masih ada waktu ya mba:), salam juga mba Lely...

    @Teguhjunanto
    yoi fren! aku udah doain dirimu...Amiin,dan makasih doanya:)

    ReplyDelete
  12. Postingan yang mengsinpirasi untuk kembali merenungi dan mengevaluasi perjalanan hidup yang telah terlewati :)

    ReplyDelete
  13. bbrp hari belakangan ini, saya sedang merasakan bagaimana bahagia dan tenangnya hati ketika mendapatkan doa2 dari para sahabat dan kerabat.
    sebuah pelajaran yg sangat berharga, bahwa ketika berdoa kita tdk boleh egois

    ReplyDelete
  14. Ternyata keadaan kita lebih baik dari mereka. Bersyukur yuk mba!

    ReplyDelete
  15. betul Rita, setiap doa selain untuk diri kita juga untuk orang lain sesama muslimin muslimat sama halnya saat kita mengucap salam, berarti kesejahteraan bagi kita semua

    ReplyDelete
  16. saya doakan mbak rita sehat, biar doa itu kembali ke saya yg lg sakit :)

    ReplyDelete
  17. Untaian Doa itu akan KembaLi pada Kita...

    Sebuah ajakan yang manis dan elekhan ...
    Sehingga ... perbanyaklah Doa ...
    untuk keluarga kita ... sahabat kita ... lingkungan kita ...

    I like this post Mbak Rita ...
    Saya catat ini ...

    Salam (dan juga Doa) saya

    ReplyDelete
  18. @guskar
    iya Pak, dengan ringan mendoakan orang lain, maka akan bermanfaat buat kita juga

    @hanifarrul
    mari yuk kita bersyukur Bud..

    @Mamah Aline
    InsyaALLAH Mah...

    @nurrahman
    amiin, makasih doa nya ya Rif, semoga Arif juga diberi kesembuhan yah...

    @nh18
    makasih Om, semoga bermanfaat, dan doa saya juga buat om sekeluarga...

    ReplyDelete
  19. amin.. sesama muslim harus saling mendoakan..
    saya mendoakan mbak rita agar setiap langkah dan kegiatannya dimudahkan oleh Allah.. biar doa itu jg kembali pd saya.. :D

    ReplyDelete
  20. Saya juga sedang menantikan do'anya Mbak Rita, semoga masalah yang sedang saya hadapi cepat rampungnya.

    ReplyDelete
  21. @aldy
    semoga urusanmu dimudahkan dan segera rampung ya mas, amiin

    ReplyDelete
  22. betul ya Rita.. jujur, selama ini saya lebih sering berdoa untuk diri sendiri :( jika melihat seorang tua renta sedang berjualan atau bekerja, saya hanya bertanya : 'anak2nya kemana ya?' atau 'apa mereka tidak punya anak ya?' atau 'apa hidup anak2nya sama susahnya ya ? '... dan rasanya ingin membeli semua dagangan mereka... atau mengajak mereka makan enak di restoran.. :)

    ReplyDelete
  23. @berita untuk negri
    amiin..

    @ceuceu
    enggak apa2, mulai saat ini mari kita berdoa juga buat saudara2 kita, dan akan lebih bagus kalau kita sekalian membawakan mereka makanan yg bergizi dan lezat:)

    ReplyDelete
  24. sedikit do'a yang keluar dari hati kita sangat besar manfaat yg dapat di rasakan.thanks sobat infonyaa

    ReplyDelete
  25. jangan remehkan kekuatan do'a. begitu kan mbak??

    ReplyDelete
  26. Oleh karena itu, Mari kita perbanyak doa untuk saudara dan sahabat kita dimana pun mereka berada baik yang kita kenal maupun tidak. Semoga ALLAH senantiasa menautkan hati-hati kita dengan satu untaian kata yaitu DOA. Aku berdoa semoga semua saudara dan sahabatku selalu berada dalam penjagaan dan perlindungan ALLAH hingga nanti kita kembali kepada-NYA, amiin...

    ReplyDelete
  27. ehm...berdoa lah buat semua orang di dunia karena mereka semua itu sodara kita :D

    ReplyDelete
  28. Benar mbak Rita, DOA adalah sumber kekuatan untuk diri kita dan lingkungan sekitar kita.. Doa yang tulus niscaya menghadirkan bantuan Allah..

    Salam kenal, dan terima kasih sudah mampir di blog saya...

    ReplyDelete
  29. Membantu tanpa pamrih... Itulah hakekat keihklasan yang sesungguhnya kan Mbak :)

    Salam semangat dari Bocahbancar

    ReplyDelete
  30. salam sobat
    trims sudah diingatkan mba Rita,,
    memang sering kita tidak sadar bahwa untaian doa kita akan kembali pada diri kita.
    saya follow ya mba.

    ReplyDelete
  31. keadaran akan keadaan disekeliling kita amat sangat diperlukan.
    alangkah nikmat dan tentramnya hidup kita pabila kita bisa saling dapat mendoakan kebaikan untuk hidup dan kehidupan bersama-sama

    ReplyDelete
  32. kekuatan doa ya mbak, apa yang kita lakukan hakekatnya memang buta kita sendiri mbak..

    ReplyDelete
  33. Insya Allah turut mendoakan umat muslim yang ada di seluruh dunia :)

    ReplyDelete
  34. tiap hari berdoa...berdoa bagiku bukan cuma kewajiban..
    tapi sudah menjadi hak...

    ReplyDelete
  35. wah sering liat pemandangan itu di jalan, tetapi lihat orang naik mobil mewah juga sering... saya juga ikutan berdoa ah...

    ReplyDelete
  36. amiennn
    semoga doa kita semua terkabulkann,,
    he kadang kala kita pelid utk mendoakan org lainn hehe

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih

    ReplyDelete
  37. amien
    saya ikutan berdoa juga ahhh hehe

    blogwalking

    ReplyDelete
  38. salam bahagia, doa tentu sangat penting dalam kita menjalani kehidupan ini, doa adalah sumberkekutan tentu saya sangat setuju bahawa untain doa adalah kembali pada diri kia sendiri.

    ReplyDelete
  39. Ahai...mbak Rita...
    Kemarin juga mendengar 'petuah' ini dari seorang teman...
    Katanya...doa yang berisi kebaikan untuk orang lain...maka malaikat juga akan mendoakan kebaikan yang sama untuk yang memberikan doa...

    Sungguh indah...Sungguh indah !!

    ReplyDelete
  40. Sebuah empati yang cerdas adalah doa.dan sudah sepatutnya bila berpergian atau sedang melakukan perjalanan adalah berdoa seperti dalam hadits : Tiga macam do'a dikabulkan tanpa diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizalimi, doa kedua orang tua, dan do'a seorang musafir (yang berpergian untuk maksud dan tujuan baik). (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

    Salam kenal di tunggu kedatangan di blog kami di
    http://rumahsehatafiat.wordpress.com/

    ReplyDelete
  41. Berdoa, adalah pondasi kita tuk meraih keberuntungan,
    betul gak?

    ReplyDelete
  42. Lam kenal aku anak baru
    http://berbagaipilihan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  43. Salam Takzim
    Hari ini sahabat kita kang nurrahman juga sedang istirahat dokter selama 1½ bulan lho mbak, kasihan dia habis kecelakaan bermotor saat berangkat kuliah
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  44. blue mendoakan tuk smeua ummat termasuk tuk diri blue juga
    salam hangat dari blue
    p cabar..............

    ReplyDelete
  45. Sebuah renungan yang bijaksana,mbak Rita. Realita kehidupan kadang memang tragis dan mudah-mudahan dengan doa kita dapat setidaknya mempermudah dan memberikan sesuatu yang positif bagi kita semua.

    ReplyDelete
  46. Alangkah dalam makna dan kandungannya ...

    ReplyDelete
  47. Doa kepada saudara2 kita akan diamini oleh malaikat,apalagi jika mereka tidak tahu.
    salam hangat dari Bening yang berupaya menjaga beningnya hati.

    ReplyDelete
  48. Mari kita mendoakan ortu, kerabat, saudara,sahabat,guru, tetangga dan saudara2 kita yg sakit atau tertimpa musibah.
    Salam hangat dari Bhirawa

    ReplyDelete
  49. Ya Allah...
    Jagalah saudaraku dikala penjagaanku tak sampai padanya,
    sayangi ia kala sayangku tak mampu merengkuhnya dalam dekapan nyata,
    muliakan ia kala penghargaanku tak terangkum dalam kata yang sahaja.
    karna Engkau punya segala yg tak ku punya

    ReplyDelete
  50. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    ReplyDelete
  51. When UGG Classic Tall moment in pandora jewelry time buy Pandora pertains find discount pandora expensive jewelry regarding pandora 2010 Mother you'll notice pandora sale engagement rings is among the actual
    Pandora Bangles ideal presents you can actually produce your mother. You Beads Bangles can find explanation Pandora Bangles Sale why folks should display his or her's mother's UGG Classic Tall bracelets with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely Pandora bracelet difficult times Beads bracelets to be able to opt for the surprise for buy pandora bracelets the purpose of mommy, bracelets is usually something you mom will pandora bracelets and charms forever want in addition to clothing. The many you will discover six handy pandora bracelets sale techniques for purchasing discount pandora bracelets the best Single parent's expensive jewelry.

    ReplyDelete
  52. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin