Friday, October 23, 2009

Cinderamata dari Sahabat


Sejak jam 3 pagi tadi ada masalah yang cukup serius dengan perut saya, sehingga harus bolak balik ke kamar kecil. Jadi hari Jumat ini akhirnya saya putuskan untuk tidak masuk kantor saja, daripada nanti saya tidak bisa menahan ”tuntutan” dari dalam tubuh untuk segera keluar, yah lebih baik saya di rumah saja deh. Lagian di kantor pun pekerjaan sedang tidak padat, karena belum mulai masuk klien.

Siang harinya ketika saya baru saja balik dari kamar kecil, ada seorang petugas kurir memanggil dan mengetuk-ngetuk pintu pagar, lalu saya hampiri petugas tersebut. Dan memang tepat sekali ternyata pak kurir tersebut mencari nama saya. Pucuk di cinta ulam pun tiba. Ketika saya lihat, wah ini kiriman dari Pak guskar rupanya, sebuah buku yang sedang saya nanti-nantikan!. Dan saya amati bungkus nya persis sekali dengan gambar yg kemarin dipasang pak gus pada postingan Lastri Jatuh Cinta # 2. Saya pandangi lekat-lekat bungkusan tersebut. ”Hmm, pekerjaan tangan mba Lastri nih memang rapi yah” kataku dalam hati. Rasanya sayang sekali kalau sampul ini di buka, makanya saya urungkan niat saya untuk membukanya, karena masih ingin terus melihat bungkusan itu sampai puas:).

Setelah hampir 1 jam lebih saya puas memandangi bungkusan tersebut, akhirnya saya putuskan untuk kemudian membukanya. Dan jreng jreng jreng!!!, tampaklah cover sebuah Novel berjudul Negeri 5 Menara karangan A Fuadi. Di sebelah atas judul tersebut ada sebuah tulisan yg ditulis pada potongan kertas berwarna putih yang berbunyi: ”Cinderamata Kenduri Narablog 2009 Jilid 2 guskar.com”. Lalu saya lepaskan potongan kertas tersebut, dan langsung saya tempelkan kembali di halaman kedua setelah halaman cover, dan kemudian saya tuliskan di bawah tulisan tersebut tanggal saya menerimanya yaitu tanggal 23 Oktober 2009.

Sejak pertama kali saya melihat cover novel itu pada postingan Pak Guskar yang berjudul Woro-Woro, saya telah jatuh cinta pada judul novel tersebut. Waktu itu saya berucap: ”Ya ALLAH aku ingin sekali novel itu”, kata saya dalam hati sambil merengek. Tapi kemudian keinginan itu langsung terlupakan begitu saja. Dan saya pun kemudian ikut berpartisipasi dalam Kenduri Narablog nya Pak Gus tanpa berharap banyak, yah benar-benar hanya ingin meramaikan saja. Dan betapa senangnya saya pada saat pengumuman di postingan ”Mereka yang Beruntung” saya melihat bahwa saya mendapatkan novel ini. Alhamdulillah, ALLAH mengabulkan keinginan saya.

Pada saat membaca judul novel ”Negeri 5 Menara” ini, saya sama sekali belum bisa membayangkan gambaran cerita yang disuguhkan di dalamnya. Lalu iseng-iseng saya pun membuka halaman novel tersebut secara acak, dan akhirnya pandangan mata saya terdampar pada halaman 107. Setelah saya baca rangkaian kata, kalimat dan paragraf yang ada pada halaman tersebut. Subhanallah, sebuah novel yang sangat inspiratif saya fikir. Saya baru membaca satu halaman loh, tetapi semangat dan jiwa saya seperti telah dibakar (secara positif) oleh goresan-goresan kalimat di dalam lembaran tersebut.

Pada halaman 107 tersebut, saya membaca diantaranya paragraf-paragraf sebagai berikut: ”ada dua hal yang paling penting dalam mempersiapkan diri untuk sukses yaitu: pertama, going the extra miles, atau terjemahan bebasnya di situ ditulis ”tidak menyerah dengan rata-rata”. Kalau orang belajar 1 jam, dia akan belajar 5 jam; kalau orang berlari 2 kilo, dia akan berlari 3 kilo; kalau orang menyerah di detik ke sepuluh, dia tidak akan menyerah sampai detik 20. Selalu berusaha meningkatkan diri lebih dari orang biasa. Itulah budaya going the extra miles. Kedua, tidak pernah mengizinkan diri kalian dipengaruhi oleh unsur di luar diri kalian. Oleh siapa pun, apa pun dan suasana bagaimana pun. Kalian lah yang berkuasa terhadap diri kalian sendiri, jangan serahkan kekuasaan kepada orang lain. Kalian punya pilihan di lapisan diri kalian paling dalam, dan itu tidak ada hubungannya dengan pengaruh luar”.

Membaca satu halaman tersebut membuat saya semakin bernafsu ingin langsung melahap halaman demi halaman dari buku itu. Hmm, tampaknya akhir minggu ini insyaALLAh akan dihabiskan dengan membaca novel baru ini nih:).

Dan dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Agus Sukarno Suryatmojo atas Cinderamata nya dan kepada Sabai nan Aluih atas pilihan novel yang diberikan. Semoga ALLAH memberikan balasan yang sebaik-baiknya kepada beliau berdua. Dan semoga cinderamata ini semakin mempererat ikatan persahabatan dan persaudaraan diantara kita semua, amiin.


92 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    aman?

    ReplyDelete
  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Selamat membaca novel-nya Pak Gus!

    ReplyDelete
  3. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Bacanya jangan di kamar kecil.
    (Moga cepat sembuh)

    ReplyDelete
  4. @alamendah
    Boleh boleh boleh...silahkan silahkan silahkan...Oh tentu tidak, aku tak suka baca di kamar mandi:). Terima kasih terima kasih terima kasih mas Alam Endah:)

    ReplyDelete
  5. Hahaha ... mas Alam selalu pengaman Pertamaaxxx

    Lagi kejar target apa ya? Salam...

    ReplyDelete
  6. Ita maaf ... lupa komennya... ;)

    Hari ini Ita penuh nuansa keberuntungan, pertama BAB terus keberuntungan ada di tangan ita ...
    Alhamdulillah, semoga selalu demikian hendaknya. Amin..!

    ReplyDelete
  7. @darisms
    Wah mirip kantong ajaibnya Doraemon dong yah:)

    @abrus
    Amiin, semoga selalu beruntung untuk kita semua:)

    ReplyDelete
  8. Selamat ya mbak... semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu...

    ReplyDelete
  9. Selamat ya, boleh dong cerita2 kalo udah baca novelnya.

    Aku alumni SMUN 1 Serang juga lulus tahun 2000. Boleh kalo mau tukeran link. Aku dah nambahin linknya mbak Rita di blogku..

    ReplyDelete
  10. Wuuuuaaaaa....Senang sekali pastinya ya Mbak...
    Teman saya sudah punya novelnya, tapi saya juga belum sempat baca, lha wong dia yang punya juga belum selesai bacanya he he he....
    (maklum, kebiasaan saya suka pinjam, ga pernah mengoleksi sendiri hihihihihi)

    ReplyDelete
  11. wha... Rita critanya bakal nggak ngantor 3 hari nih... he..he..
    tiga hari cukup kok untuk melahap novel N5M itu. membaca dari halaman pertama dijamin nggak akan berhenti deh... review novel ini Rita bisa buka di negeri5menara.com
    ohya, semoga sakit perutnya cepat sembuh ya..

    ReplyDelete
  12. @xitalho
    terima kasih mas. Iya insyaALLAH bermanfaat dan menambah ilmu tentunya...

    @Yoga
    InsyaALLAH nanti kalau saya bisa nulis reviewnya yah:). Wah alumni SMU 1 Serang juga toh??? berarti kita satu angkatan dong Yog, aku juga lulus tahun 2000 lhoo. Nah ini Yoga yg mana yaaa??? Dulu kelas 1 berapa? aku kelas 1.6 dan kelas 2.6, terus kelas 3 IPS 4, hehehe jadi reuni gini yak...:)

    @bocahbancar
    Yup pastinya senang sekali Joe:) hehehe eh beli dong sekali-kali, jangan pinjem mulu:)

    ReplyDelete
  13. @guskar
    Hehehehe iya nih Pak, abis gimana yak:). Sip makasih ya Pak:). Pas terima buku dari Bapak, mendadak sakit perut saya sembuh pak hihihi. Jadi kayaknya sakit perut saya karena grogi mau terima buku itu deh *lebay mode on*. Oya Pak salam terima kasih buat mba Lastri Ya, bungkusan nya rapi tenan:)

    ReplyDelete
  14. Pertama, semoga lekas sembuh ya mbak.
    Kedua, ternyata absen membawa berkah tersendiri untuk membaca buku yang inspiring itu.

    Cuplikan buku itu saja sudah sangat bagus mbak.
    Kalau sudah baca semua, boleh dong di share kekita-kita mbak Rita.

    ReplyDelete
  15. @adelays
    Terima kasih doanya mas:). Hmm, mudah2an saya bisa nulis review nya yah:). Malu karena belum pernah nulis review sebuah buku...Tapi saya gak mau janji ah, ntar jadi hutang lagi:)

    ReplyDelete
  16. negeri 5 menara?
    kayaknya saya pernah liat sekilas novel itu..
    hehe..
    lekas sembuh, mbak Rita :)

    ReplyDelete
  17. bundo ikut senang Rita menyukai pilihan novel itu.. bundo pilih novel N5M berdasarkan preview teman-teman karena bundo juga belum sempat bacanya, hahhha.. love u, hunny :)

    ReplyDelete
  18. selamat..... selamat....
    selamat membaca novelnya, kalo udah selesai baca... kirimin ke aku novelnya ya rit...
    abis ku ndak dikirimi sih sama pak gus... hiks..

    ReplyDelete
  19. Waaaaaaaa
    Selamat, ya, mbak....!!

    Dari dulu Put pengin dapat Novel Gratis..tapi emang belum rezeki...he..he...

    ReplyDelete
  20. Selamat ya mbak atas hadiah yang menarik. Saya juga dapat buku itu dari sahabat nakjadimande
    asyik banget mbacanya.
    Kok nggak ikut Ladies Program di blog ku tho ?
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  21. salam sobat
    selamat mba dapat cindera matanya,,
    pasti bagus ya novelnya,,
    jadi penasaran pengin baca juga.

    trims.mba RITA atas ucapan ULTAH dan doanya
    untuk suami saya.

    ReplyDelete
  22. kalo masalah menulis novel, orang indonesia sudah jago....begitu pula dalam bermusik, banyak pula yang maestro.... tinggal masalah perfilman - kualitas film indonesia yang terbaik sekalipun, masih jauh dgn film pemenang oscar (budget rendah sekalipun)

    ReplyDelete
  23. @wellsen
    iya, mungkin pernah liat ditoko buku mungkin mas:), terima kasih ya..

    @nakjaDimande
    Hhaaaa??? jadi Bundo belum baca juga toh hehe:), cckckck, belum baca aja pilihan Bundo sudah tepat sekali:). Ah Bundo memang selalu tahu apa yang tepat buat anaknya:). Luv too Bundoku:)

    @yangputri
    terima kasih mba Yang,..heheheh boleh boleh mba, jadi berani bayar berapa nih? hihih:D

    @putri
    Terima kasih Put...hmm, ternyata Put ingin dapet Novel gratis yaaa??? sini kirimin ke aku alamat mu, insyaALLAH ntar tak kirimin Novel deh buat Putri, GRATISSS!!!, mauuuu???

    @Pakde Cholik
    Terima kasih Pak...Iya sebenarnya aku ingin sekali tuh ikut pak, tapi saya ndak ada tempat buat masaknya:), jadi belum bisa ikut deh Pak:)

    @NURA
    Terima kasih, iya insyaALLAH bagus Bu...Terima kasih kembali Bu, semoga ibu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat.

    @rio2000
    hmmm, iya nampaknya memang seperti itu ya mas. Yah semoga ke depan semakin banyak insan perfilm-an yg bisa menghasilkan film2 yg bagus yah. Atau mungkin mas Rio ini salah satu yg akan membuat film bagus di negeri ini???.

    ReplyDelete
  24. selamat menikmati akhir pekannya sahabat
    salam hangat selalu

    wah blue pinjamin dong

    ReplyDelete
  25. Tapi isinya bukan bom rakitan kan jeng ? Wakakakakk ... :D

    Selamat deh :)

    Salam :)

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum Kak..baca sebentar ay...tapi aku ingin komenlangsugng ajah ah..selamat ya hadiahnya..salam

    ReplyDelete
  27. Komen lagi ah,,mau dunk akak..pinjem boleh..nanti aku ke cempaka mas deh.emang rumah kak rita di cempaka ams..ya ke gramedia..hihihi

    ReplyDelete
  28. uwaa... ayo di review... *nunggudiceritainaja*

    ReplyDelete
  29. Selamat-selamat, ditunggu postingan review dari bacaannya.

    ReplyDelete
  30. @bluethunderheart
    selamat akhir pekan juga mas Blue...Hmm, mau pinjam??? boleh, silahkan pinjam di toko buku yaa hhehe...

    @Aribicara
    Ya jelas bukanlah mas, isinya yaitu harta karun yg tak ternilai harganya:D

    @dasir
    Boleh Sir kalau mau pinjem, tapi sama kayak mas Blue, pinjem nya ke toko buku aja yaa...eh kalo kapan2 maen ke Cempaka mas bilang2 dong Sir, tempat aku kan emang gak jauh dari situ...

    @yoan
    Hihihi, jangan berharap banyak ya Yo:), karena aku suka malas menulis review *padahal bilang aja gak bisa, pake ngeles lagi hihih*

    @Wong Jalur
    Makasih makasih...Hmm, ditunggu kapan kapan yah:)

    ReplyDelete
  31. waaaa... senengnya. jangan lupa di review yach. soalnya belum sempet beli *padahal belum ada duit hehhee

    ReplyDelete
  32. aduh.. pasti seneng dong dapet novel sebagus itu, langsung ilang dong sakit perutnya

    ReplyDelete
  33. @Si Kurus
    Iya bener2 seneng nih:)...Iya saya juga bersyukur banget dapat cinderamata ini, karena mau beli juga belum adas duit ihihhi...

    @mamah aline
    iya seneng banget mah:). persis!! tepat sekali sakit perut mendaka hilang :)

    ReplyDelete
  34. Waaaahhh.. untung ga masuk kerja ya mb.. malah dpt berkah :)

    ReplyDelete
  35. wah, seneng dong mbak dpt cinderamata dari sahabat...
    aku jd pgn dpt jg...hehehe
    oy, salam kenal jg ya, mbak rita....
    silahkan kalo mau link blogku....=P

    ReplyDelete
  36. @Meidy
    Hehehe, iya mba, berkah banget hari itu, gak masuk kerja eh dapat buku:)

    @vany
    iya sudah saya link mba:) Terima kasih.

    ReplyDelete
  37. selamat deh mba.
    Punya belum sampai, jauh kali ya..

    ReplyDelete
  38. @Badruz
    Terima kasih mas. Iya, mungkin masih di perjalanan mas, tunggu aja:)

    ReplyDelete
  39. Selamat ya Mbak Rita.
    ternyata kita mendapatkan paket yg sama,
    senangnya................:D :D :D
    dan, sekarang sudah mulai dibaca sampai setengahnya.
    salam.

    ReplyDelete
  40. asal bukunya dijaga hati-hati. Jangan sampai kayak deretan bukuku yang dijadikan ajang perjamuan ribuan rayap. Begitu tahu, wadowww, rasanya pengen gantung diri!!! (hiperbolis mode ON).

    ReplyDelete
  41. wah selamat yang pada dapet paket (berharap sangat)

    ReplyDelete
  42. harap-harap cemas, nunggu kiriman. lho emang dikirimin....

    ReplyDelete
  43. isi blogku gak pantes dijadiin buku, maklum isinya culun... tapi selamat mbak Rita

    ReplyDelete
  44. @bundadontworry
    wah kita dapat buku yg sama ya Bund:), hmm, gimana pasti gak sabar kan ingin segera selesai bacanya ya:)

    @Jagat Imajinasi Tanpa Batas
    Yup! harus hati-hati jagain buku nya dunk Pram, kan sayang banget kalau harus jadi tempat perjamuan rayap2 itu...

    @antokoe
    terima kasih mas, semoga mas juga dapet deh, tapi kalau beli sendiri:)

    @tarqy
    lagi H2C nih ceritanya :)

    @storykoe
    Wah kata siapa gak pantes dijadiin buku, belum dicoba kan??? :). Terima kasih ya...

    ReplyDelete
  45. Novel di pengaruhi sudut pandang penulis dan setiap penulis puya pesan yang ingin disampaikan. dan setiap kata yang ditulis kadang punya makna berbeda apalagi bila memakai bahasa yang kurang lugas. dan akan lebih tepat kita sebagai pembaca bertemu atau bertanya kepada penulis dan akan mendapat gambaran koverhensif sehinga kita akan semakin mencintai setiap tulisannya. Semoga rita dengan membaca novel ini terinspirasi dan terus berkarya dalam setiap keadaan apapun.

    ReplyDelete
  46. wah jadi penasaran nich. ingin baca juga nich mbak rita

    ReplyDelete
  47. Selamat...selamat...selamat
    Kalo dach bosen ngebacanya..bolehnya dikirimke Kpg...achhhhhhh
    Salam Hangat

    ReplyDelete
  48. *[yuhhh... akhirnya kotak komenya kebuka juga.... (inet lelet)...



    hehehe.... saya juga mau tuh dipinjemi... hehehehe


    Selamat ya buat cinderella eh cindera matanya... :D

    ReplyDelete
  49. Ternyata kamu senang baca novel ya? Sama donk, saya juga ngga begitu suka!

    ReplyDelete
  50. sahabat
    senang rasanya blue selalu mendapat suport darimu
    makasih ya selalu membuat blue nyaman
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  51. Gak ada sahabat, gak rame hehehe...
    Pasti senang rasanya punya sahabat seperti Rita yah :-D

    ReplyDelete
  52. waah, udah nyampe yah?? kok aku belum nyampe yah>> hmmm... moga cepet nyampe deh. biar aku bisa cepet baca juga. jadi gak sabar. :)

    ReplyDelete
  53. hmmmm... pucuk di cinta ulampun tiba, hadiah yg sangat cocok dng apa yg diinginkan

    ReplyDelete
  54. Mba menunggu hadiah novel, aku kemarin menunggu hem hadiah dari IBSN award...menunggu hadiah memang mendebarkan ya mba

    ReplyDelete
  55. mmg bagus ntu buku, sampai2 terjadi pergulatan sengit antara aq dan suami untuk berebut membaca buku tsb.
    salam kenal............^^,

    ReplyDelete
  56. semoga udah sembuh yaaa .. :)

    Kalau begitu selamat ya mbak, nambah lagi dong koleksi novelnya .. he he

    ReplyDelete
  57. Selamaaaaaaaaaaaaaaaaaat yaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  58. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  59. di sela-sela beristirah kerja . sambil membaca novelnya ya. sampe lupa berkunjung ke kawanlama95. di tunggu de. kumaha kok nga beredar neeh 2 hari ini. Sehat - sahat aja kan.

    ReplyDelete
  60. selamat ya, mudah2an suatu saat saya yang menang, hehe

    ReplyDelete
  61. Bloghicking malam-malam. Mengunjungi para sahabat, siapa tahu ada suguhan yang hangat.

    ReplyDelete
  62. saya juga mendapatkannya tapi yang mambo, bukan yang novel

    ReplyDelete
  63. Bagi yang menginginkan search engine yang halal bebas hal-hal yang haram dan pornografi serta sangat dianjurkan untuk anak-anak kunjungi postingan saya HALALKAH SEARCH ENGINE ANDA segera kunjungi yaaa

    ReplyDelete
  64. pagi menghangat sedikit dingin........
    pa cabar?
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  65. selamat ya mbak rita, semoga novel itu benar² bisa menjadi inspirasimu.. *jadi pengen baca juga hehehe*



    salam, ^_^

    ReplyDelete
  66. buku yahh???
    udah buka aja.. tar abis baca bungkus lagi yg rapi :))

    ReplyDelete
  67. cindera mata yang bermakna...sebuah gudang ilmu...beruntungnya memiliki seorang teman yang memberikan kita kesempatan untuk menimba ilmu...

    ReplyDelete
  68. ne9eri 5 menara da masuk list wat dibeli nanti,& suda survey :)
    mamed ya rit atas hadiahnya :)

    ReplyDelete
  69. wuahhh.. senangnya yang baru dapet kiriman,, :D reviewnya dunk mba.. ditunggu,, ^^

    ReplyDelete
  70. Kok belum gantian kirim ke Aku sich jeng ? :D wkwkwkwk ...

    Salam :)

    ReplyDelete
  71. waaa... dapet cinderamata beneran neh..
    novel negeri 5 menara kayaknya bagus yaa...

    tapi apa mirip2 kayak KCB gitu... settingnya dimana tuh??

    ReplyDelete
  72. selamat pagi jeung..........
    semoga tetap sehat dan bersemangat '
    salam hangat selalu

    ReplyDelete
  73. Pagi hari di kantor pemerintah sambil dengerin lagu romantisnya unggu , aku sempatkan tuk katakan bahwa setiap novel selalu ada kesan yang tak terlupakan dan menjadi sebuah inspirasi. udah halaman berapa bacanya de? kumaha cabarnya sehat kah? semoga tetap inspiratif dan smart selalu. ditunggu kedatangan engkau de.

    pagi yang cerah tuk berbagi kecerian dalam hari yang selalu kutunggu

    ReplyDelete
  74. dikasih buku sangat menyenangkan bagiku...kalo kamu senang bisa dibuat reviewnya rita..

    ReplyDelete
  75. mauuuuu....... hmmm sepertinya inspiratif bngt ya mba...

    senengnya bisa dapet sesuatu yg berman'faat yak.. apalagi gratisan, coba aja itu aku ehehe

    ReplyDelete
  76. senang ya mba dapat hadiah. apalagi sesuatu yang luar biasa seperti itu. ya.. buat saya pribadi N5M ini luar biasa. saya sampai ga sabar ingin menuntaskan membacanya dalam 1 hari saja.

    ada banyak pengalaman batin disana, dan sepertinya mba rita juga setuju nih dengan 'propaganda' man jadda wajada dan semangat keikhlasan yang menjadi nafas novel ini.

    bundo pasti nyesel nih belum sempat baca. heheh.. mudah2an sekarang sih udah ya bund.. ^_^

    ReplyDelete
  77. selamat ya....saya nemu blog ini di tempatnya bundo dokter...salam kenal dari bandung selatan

    ReplyDelete
  78. mantaaap mba
    dapet bingkisan yang mantap

    ReplyDelete
  79. wahhhh... kalo udah selesai baca, liza pinjam ya mbak :D

    ReplyDelete
  80. aku mau tanya neeh malam minggu kemana ? jawabannya di rumah maya ku ya. ditunggu

    ReplyDelete
  81. 31 oktober 2009

    mohon blognya segera di update ya.................

    ReplyDelete
  82. blog ini keren dari pr 0 langsung loncat ke pr 3

    keren

    ReplyDelete
  83. Ah ...
    Indah nya silaturahmi lewat Blog ...
    Banyak teman
    Banyak sahabat ...

    Dengan cinderamata yang hebat pula ...
    negeri 5 menara ... adalah sebuah novel tentang pesantren yang bagus ...

    Salam saya

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin