Saturday, August 28, 2010

Hanya Selintasan Fikiran, Sesaat Hadir Kemudian Ia Berlalu Tuk Menghilang...

Pernahkah anda merasa bahwa satu waktu sesuatu tiba-tiba melintas dalam fikiran anda, tapi hanya sekilas, tak sempat anda fikirkan secara mendalam kemudian sesuatu itu pergi dan menguap begitu saja dari ingatan anda. Atau mungkin pada waktu tertentu anda pernah menuliskan tentang sesuatu hal, dan tulisan itu mengalir begitu saja tanpa ada pemifikiran secara mendalam. Tapi anehnya di kemudian hari atau setelah beberapa musim berganti, sesuatu yang dulu pernah terlintas dalam fikiran anda atau pernah dituliskan oleh tangan anda, akhirnya benar-benar menjelma dalam kehidupan nyata anda saat ini. Miracle!!

Mungkin anda pernah membaca sebuah buku yang berjudul ”Law of Attraction”, karangan Michael Losier. Dimana di sana dinyatakan bahwa: ”hukum ketertarikan merupakan segala sesuatu yang difikirkan dengan segenap perhatian, energi dan konsentrasi fikiran, baik hal yang positif maupun negatif, maka ia akan datang dalam kehidupan kita”. Setelah membaca buku itu saya sangat sering melakukan afirmasi positif ke dalam diri saya agar sesuatu yang baik datang menghampiri. Dan tidak dipungkiri beberapa hal positif pun datang menghampiri kehidupan saya. Namun tidak selamanya hal itu terjadi, terkadang ketika saya telah berharap dan selalu memikirkan kebaikan, tetap saja hal yang tidak saya sukai menghampiri. Atau sebaliknya sesuatu yang hanya sekelibat mampir dalam fikiran saya justru itu yg pada akhirnya menyapa hari-hari saya.

Tapi it’s Oke, setidaknya dengan begitu saya tidak terlalu fanatik mempercayai dan meyakini sesuatu yang berasal dari manusia (teori dalam buku itu maksudnya). Karena bagaimanapun saya sebagai muslim memiliki satu keyakinan yang tak terbantahkan lagi bahwa sesuatu itu akan terjadi hanya jika telah mendapatkan ”stempel izin” dari Yang Maha Berkehendak.

Hingga saat ini setidaknya ada beberapa peristiwa (yang masih saya ingat) yang telah terjadi dalam kehidupan saya, dimana hal itu dulu pernah terlintas dalam fikiran saya, mungkin hanya tiga atau lima detik. Dan pernah juga menuliskan sesuatu yang sama sekali tak terfikirkan secara mendalam. Namun ternyata di kemudian hari sesuatu itu terjadi, dan tentu saja ini karena KehendakNYA. Adapun contoh lintasan fikiran itu diantaranya adalah (yang paling saya ingat aja yah):

1. Dulu sewaktu akan mengakhiri masa-masa kuliah, saya bertekad untuk tidak akan bekerja sebagai auditor di akuntan publik, karena kata teman-temanku waktu kerjanya tidak normal, dan pada saat-saat tertentu harus rela mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga demi tuntutan pekerjaan. Tapi entah kenapa saat itu terlintas dalam fikiran saya: ”ah jangan-jangan pekerjaan yang tidak saya suka itu justru yang akan saya geluti ke depannya”. Dan benar saja ternyata hampir empat tahun lamanya saya terdampar di dunia antah berantahnya auditor. Subhanallah..

2. Beberapa tahun yang lalu ketika pulang kampung, saat itu saya sedang menemani ibu saya yang sedang demam, lalu entah kenapa tiba-tiba terlintas dalam fikiran saya: ”ya ALLAH bagaimana jadinya jika ini adalah pertemuan terakhir saya dengan ibu tercinta”. Lalu hampir setahun setelah itu ketika saya masih di Jakarta dan belum lagi sempat bertemu, ternyata Beliau benar-benar pergi meninggalkan saya, meninggalkan semuanya...

3. Suatu hari saya berjalan dengan seseorang dari kota Serang menuju Jakarta, dan dalam perjalanan itu saya tidak banyak bicara dengannya. Namun entah kenapa ketika berada di sampingnya, terlintas tanya dalam fikiran saya: ”mungkin kah ini adalah kebersamaan saya yang terakhir dengan nya...?.”. Dan benar saja beberapa bulan berselang, karena suatu hal saya memutuskan untuk tidak menghubunginya lagi. Dan kebersamaan yg dulu pernah ada berakhir di telan masa.

4. Suatu malam karena urusan pekerjaan, saya harus pulang belakangan dibanding teman-teman yang lain. Saat itu saya hanya berusaha ikhlas, kemudian terlintas dalam fikiran: ”ah siapa tahu dengan pulang telat sendirian ALLAH akan menakdirkan saya bertemu dengan seseorang yang spesial”. Eh tahunya di perjalanan saya benar-benar bertemu tanpa sengaja dengan seseorang itu. Subhanallah...

5. Setahun yang lalu saya pernah menuliskan tentang suatu hal pada salah satu tulisan di blog ini, tepatnya di sini, di situ saya menuliskan tentang kondisi jalan menuju perkebunan kelapa sawit di pedalaman Kalimantan. Saat itu sama sekali tak pernah terfikirkan bahwa suatu saat saya akan melalui bagaimana rasanya berjalan ke tempat itu. Saat itu saya hanya sekedar menuliskan sebuah pengandaian saja. Tapi setahun berlalu dari tulisan itu dibuat, ALLAH benar-benar menakdirkan saya untuk melalui jalan memasuki perkebunan kelapa sawit di pedalaman Kalimantan sana. Subhanallah.

Itu hanya beberapa contoh lintasan fikiran yang mampir di kepala ini, dan tanpa diduga ternyata lintasan fikiran itu hadir menyapa saya di masa-masa selanjutnya. SUBHANALLAH, tentu ini bukanlah hal yang kebetulan belaka. Namun saya benar-benar merasa ajaib aja, sesuatu yang tak pernah kita duga sama sekali menghampiri kita begitu saja. Hidup ini memang penuh kejutan...

Pernahkah anda merasakan hal yang sama??? Lintasan fikiran datang dan pergi bagaikan kilat yang menerangi gulitanya malam, hanya sekelebat. Namun ternyata di kemudian hari hal itu benar-benar nyata di hadapan kita...

==========================================================

*Tulisan ini hadir setelah terinsipirasi tulisan seorang kawan blogger di blognya...


64 comments:

  1. Assalamualaikum sebelumnya

    Semoga Rita di beri keberkahan dan Allah selalu di beri kemudahan dalam segala Aktivitasnya. Amien

    Tulisan ini sangat baik. Seringkali lintasan fikiran itu memang sering kali akan terjadi. dan kami secara pribadi mempelajari dengan seksama walau masih belajar. Berdasarkan pengalaman . Ini sering terjadi pada aku. Contoh yang sangat Spektakuler (Subhanalloh) ketika itu di Rumah-sakit RSPAD gatot Subroto, aku terbangun jam 02.30 di Kamar inap pasien. karena orangtuaku di kamar itu.aku terbangun dan aku merasa orang tuaku. ga lama lagi akan meningal . dan aku langsung Sholat tahajud dan aku berdoa .... didalam doa aku minta Allah mengampuni orangtuaku dan dipermudah bila ajal menjemput. ... akhirnya tepat kumandang adzan subuh kami talkinkan orang tua dengan meyebut asma Allah. ...

    Entahlah mungkin Allah kasih tanda tanda yang kita sendiri belum tau. dan seringkali pikiran putih kita merupakan sugesti kita . Jadi memang kita harus terus berupaya membersihan hati agar hati ini tetap dilindungi Allah dan bukan bisikan setan .

    Tulisan ini aku jadi teringat tentang mimpi-mimpi saya yang sudah jadi kenyataan. tapi ada satu mimpi mimpi lain yang belum terwujud. Mari terus berdoa agar Allah kasih mimpi itu jadi kenyataan.amien

    ReplyDelete
  2. klo saya seringnya kefikiran lalu menjadi mimpi, bbrp waktu ke depan menjadi nyata. awal2nya nggak saya perhatikan, ttp lama2 saya pelajari dan hapalkan. selanjutnya saya menerapkan "ilmu titen" (mempelajari suatu peristiwa/kejadian berdasarkan pengalaman2 sebelumnya) dan dari pengalaman2 batin yg saya alami, sy semakin yakin knp kita harus berprasangka baik terhadap ketetapa gusti Allah atas kita

    ReplyDelete
  3. Hmmm ...
    Seingat saya beberapa kali pernah juga memimpikan sesuatu ... dan akhirnya jadi kenyataan ...

    so pelajarannya adalah ...
    jika memimpikan sesuatu ... please mimpikan sesuatu yang baik ...
    agar nanti jikalaupun jadi kenyataan akan semakin indah

    salam saya Bu Rita ...

    ReplyDelete
  4. @kawanlama95
    walaikumsalamwrwb. Iya bisa jadi itu petunjuk dari ALLAH, tapi kadang kita suka ndak ngeh...Semoga mimpinya segera jadi nyata kak..

    @Kyaine
    Hmm, ilmu titen, seperti pernah dengar Pak, Berarti ilmu titen itu bisa dipelajari secara otodidak yah. Berdasarkan apa2 yg pernah kita alami...

    @nh18
    Iya Om, bila bermimpi harus yang baik-baik
    aja, walau nanti tidak menjelma jadi nyata, kan tetap indah dalam impian toh :)

    @Malik
    Sama berarti kita Kin:)

    ReplyDelete
  5. Apakah ini ada hubungannya dengan 'de javu' ya mbak? Sepertinya hal ini pernah terjadi atau ini sepertinya adegan ulang dari yang kapan entah tapi pernah terjadi...

    ReplyDelete
  6. Bundo lagi meniti mimpi yang indah, selangkah demi selangkah. Semoga Allah meridhoi. Amiin..

    xixi Bundo malah curcol.

    pernah Rita, Bundo pernah ngalamin de javu begitu. mungkin karena kita sangat menginginkan hal tsb sehingga visi kita udah jauh ke depan dan ketika hal tsb tjd kita seolah ud pernah ngalamin.

    ReplyDelete
  7. Hehehehehe....
    Saya juga pernah mengalami hal yang seperti itu, Mbak. Cuma terlintas sebentar tapi beberapa tahun kemudian ternyta menjadi kenyataan.
    Hidup emmang penuh misteri. Tapi lantaran misteri itu hidup semakin terasa berarti

    ReplyDelete
  8. seingat saya, saya juga pernah nih !

    ReplyDelete
  9. @tukangpoto
    hmm apa iya yah dejavu, saya juga ndak negrti. Tapi yang pasti semua itu hanya lintasan fikiran aja mas, dan itu hanya sekilas terus saya langsung terlupakan begitu saja. Kalau de javu kan seolah-olah kita pernah mengalaminya yah. entahlah...

    @nakjaDimande
    amiin, "Ya ALLAH mohon bimbing langkah Bundoku agar titian mimpinya bisa mengantarkan Beliau pada kenyataan yg juga indah"...

    Iya, kalau itu hal yang indah dan mennyenangkan seperti diberi kejutan ama ALLAH Bund...

    @alamendah
    iya, pasti sangat takjub yah mas setelah lintasan fikiran itu menjadi nyata. Iya ALLAH memang suka sekali meberikan kejutan pada hidup kita...

    @riFFrizz
    iya samma dunk kalo begitu:)

    ReplyDelete
  10. Wah subhanallah, cerita2nya bikin bulu kuduk merinding pas baca.

    Mungkin memang benar bahwa kita harus senantiasa berhusnudzan tentang segala sesuatu, bahkan lintasan pikiran sekali pun. Karenanya jika itu menjadi nyata akan menjadi hal2 yang baik.

    Thanks ya postingan ini mencerahkan :)

    ReplyDelete
  11. Subhanallah. Selintas pikiran yang ternyata menjadi nyata di kemudian hari. Apa saya pernah ya..?

    Tetapi ajaib ya, Dek Rita. Allah Maha Kuasa, mengilhamkannya padamu sekaligus membuatnya menjadi nyata. Masya Allah.

    ReplyDelete
  12. Asalamu'alaikum...
    Tulisannya bagus sekali Mbak Rita, mengalir dan saya turut merasakan kedalaman maknanya, beberapa kali hal tersebut juga saya alami...entah apakah benar memang manusia mewujud seperti apa yang dipikirkannya, atau memang Yang Maha Kuasa, memberikan kita firasat atas KetentuanNYA yg akan berlaku dikemudian hari bagi kita...Wallahu 'alam, yg pasti semua tidak lepas dari ketentuanNYA

    ReplyDelete
  13. Kadang yang tidak kita inginkan bisa menjadi kenyataan dan yang kita inginkan malah menjauh dari kita. karena sesuatu yang baik bagi kita belum tentu baik di mata Allah dan juga sesuatu yang jelek di mata kita belum tentu jelek di mata Allah. karena Allah lah yang lebih mengetahui rahasia di balik itu semua :D
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  14. Wowww pada kerenn pengalamannya ... kok saya gak pernah kyk gitu ya? Hidup ini datar bagaikan air mengalir begitu saja ... :)
    salam taqzim ...

    http://sumanjaya.blogdetik.com/2010/08/30/air-mata/

    ReplyDelete
  15. Saya juga pernah mba membayangkan suatu kebaikan atau hal positif terjadi pada saya,,, namun ketika bersinggungan dengan hal lain saya akhirnya juga menginginkan hal tersebut tidak terjadi pada saya ataupun ragu untuk berharap...

    ReplyDelete
  16. salam kenal...terimakasih infonya..minta infonya bos blog baru ni.biar banyak teman tukeran links yuk..salam kenal dari Dongkrak antik

    ReplyDelete
  17. mungkin pointnya adalah
    selalulah berpikir positif ya kan rita? :D

    ReplyDelete
  18. Ya kan memang sudah diajarkan oleh para Nabi, kalau kita tidak boleh berburuk sangka tetapi harus selalu berperasangka baik terhadap orang lain, kalau bahasa intelek sekarang katanya positif thinking apa ya...Pasti jadi orang akan aman. sebab berburuk sangka bisa jadi malah kena batunya sendiri.

    ReplyDelete
  19. saya pernah membaca law of attracion..
    mm, jujur saya aga merinding baca tulisan di atas :), entah kenapa....

    ReplyDelete
  20. Ketika di Makkah saya pernah berangan-angan, bagaimana jika Masjidil Haram itu benar-benar berada ditengah-tengah, lalu terhampar rumput hijau. Maktab para jamaah haji mengelilingi pada jarak 2-3 km ( sekarang yang mengelilingi kan ada hotel, pasar dsbnya)

    Lalu ketika adzan berkumandang para jamaah keluar dari maktabnya bak semut...meliwati rumput yang hijau itu menuju Masjidil Haram.Tentu akan merupakan pemandangan yang sangat indah karena Masjidil Haram benar2 tampak indah dan megah .

    Konon sekarang Masjidil Haram sedang berbenah diri.

    salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  21. aku sedang mencobanya mba. Menuliskan 100 target atau mimpi dalam hidupku. Tapi baru dapat 25, masih kurang 75. Aku terinspirasi dari anak IPB yang bisa mewujudkan mimpi atau 100 targetnya. Dan katanya "jangan takut untuk bermimpi dan tuliskan mimpi itu di kertas meski mungkin bagi orang lain itu hal yang konyol"

    ReplyDelete
  22. memikirkan dengan seksama akhirnya kebawa mimpi

    ReplyDelete
  23. Dulu... saat naik sepeda motor dengan temanku, aku pernah berpikir : Sepertinya suatu saat nanti kami berdua akan mengalami kecelakaan saat naik motor berdua.
    Dan ya, hal itu beneran terjadi, bahkan dia meninggal pada kecelakaan itu :(
    So... kita memang mesti selalu memikirkan hal2 yang positif ya...

    ReplyDelete
  24. salam kenal mbak, tolong kunjungi blogku ya. lg sepi. aku berumur 10th kelas 5. trim's

    ReplyDelete
  25. dont be disappointed in life, don't be afraid, Please start being happy yah...,
    dengan bahagia hidup terasa sempurna. Tuhan tidak akan meninggalkan.
    Apa yang teralami sekarang, karna itu tanda Tuhan sayang.

    ReplyDelete
  26. Subhanallah.. begitu banyak kisah ya mbak... mungkin saya juga pernah mengalaminya :)

    Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya ya mbak, maka kita harus senantiasa berprasangka baik ^^

    ReplyDelete
  27. aku membayangkan di syawal ini dengan kekasih tercinta namun entahlah ? beberapa hari lagi syawal tlah tiba apakah mimpi itu kan nyata,

    Gimana de, pulkam ga. Semoga di penghujung romadhon ini ade tetap bersemangat . Salam sukses

    ReplyDelete
  28. Assalamu’alaikum,

    Saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri. Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala hal yang barangkali kurang nyaman di hati.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam hangat dari Cianjur

    ReplyDelete
  29. Mba Rita... masih suasana Syawal... Mohon maaf lahir bathin ya...

    ReplyDelete
  30. ^_^ Assalamu'alaikum mbak, gmana kabarny?

    ReplyDelete
  31. iya.. saya pernah dan merasa pernah mengalami hal itu.. pengalaman itu datang seperti mimpi yang datang sekejap... membekas dalam dan tersimpan rapi..
    pada suatu waktu.... peristiwa itu hadir lagi secara lebih nyata.. dan kita berpikir..apakah ini dejavu?? kita bertanya-tanya... kapankah itu pernah terjadi.. tapi sepertinya barusan kemarin pernah alami yang serupa..tapi kapan dimana??

    ReplyDelete
  32. Mantab bgt dech opininya....

    jadi cape nich bacanya juga :D hehehe

    ReplyDelete
  33. de dah sebulan neeh postingan ini.
    di apdet atuh de. ditunggu ya apdetannya.
    yang semangat nulisnya.
    maaf ini mah ngomongin diri sendiri

    ReplyDelete
  34. masih ada waktu dibulan baik ini barangkali ada khilaf tolong dimaafkan.salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  35. kog sama y dengan yang pernah saya baca sebelumnya,...

    ReplyDelete
  36. great post :) emang terkadang kita nggak nyangka kalo fikiran sesaat itu bisa jadi nyata. di tunggu artikel2 selanjutnya

    ReplyDelete
  37. Glad to be visited in this blog.
    Interesting blog :)

    http://hocilin.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. hmm, sang penulis saat ini sangat sibukah sehingga tak ada post terbaru.

    Gimana de kabarnya?

    Semoga tetap semangat dan sehat ya

    ReplyDelete
  39. ya, kalo untuk kejadian yg buruk2 sih, biasanya orang nyebutnya firasat...
    kayak kejadian yg nomor 2...

    ReplyDelete
  40. alo salam kenal mbak :)
    tulisannya bagus mbak :)
    btw tukeran link yuk :D
    ditunggu kabar baiknya ya :)

    ReplyDelete
  41. mantaf tulisannya...
    he he... lier juga bacanya...

    ReplyDelete
  42. hmmmmmmmmmm......... napa bs berakhir???????

    ReplyDelete
  43. mbak rita, kangenn... ^^

    gimana kabarnya??

    ReplyDelete
  44. de kumaha damang , masih di hutan sawit . jangan lupa oleh-olehnya.

    ReplyDelete
  45. positive thinking aja,,,
    lam kenal ya mba,,,,
    jangan lupa mampir ya mba,,,,kalo boleh, tukeran link ya mba??

    ReplyDelete
  46. apakah terlintas dalam fikiran rita untuk tidak posting lagi dan mengunjungi blog blog yang lain

    ReplyDelete
  47. Saya pernah merasakan jg hal serupa, datang scr tiba2 dan lgsg hilang begitu saja.
    http://www.ac-m1lan.blogspot.com (AC MILAN)
    http://www.nathansaputra.com (SEO Services)

    ReplyDelete
  48. Fikiran itu datang dan pergi tanpa harus terjadi.
    http://www.angsport.co.cc (Pusat Sepatu Futsal)
    http://www.fidashop.co.cc (Grosir Sepatu Futsal)
    http://www.lusihan.com (Grosir Aksesoris Wanita)

    ReplyDelete
  49. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  50. Baru sempat mampir nih!
    Liat-liat dulu....
    Situsnya bagus nih!
    apalagi artikelnya, menarik banget!
    Saya seperti disuguhi makan enak!
    hehehehehhehehe
    bu rita...salam kenal:)

    ReplyDelete
  51. saya juga pernah merasakann hal yang sama dengan mbak rita... salam kenal buat mbak rita...

    ReplyDelete
  52. Mungkin memang benar bahwa kita harus senantiasa berhusnudzan tentang segala sesuatu, bahkan lintasan pikiran sekali pun. Karenanya jika itu menjadi nyata akan menjadi hal2 yang baik.

    ReplyDelete
  53. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen poker online terpercaya...poker uang asli..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...
    kunjungi link unggulan kami:
    -http://mentaripoker.com
    -http://royalflush99.com
    -http://rimbapoker.com
    blognya temen http://poker-online-indonesia-2014.blogspot.com/

    ReplyDelete
  54. wah blognya ko ga pernah diupdate lagi

    ReplyDelete
  55. sangat menarik, saya sampai terkesima,,, BTW, ini kunjungan pertama saya, jadi salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  56. kadang pikiran kira terbawa melayang dan tidak fokus

    ReplyDelete

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin